nhk

Surya 12 Powercross Kediri, Nasional Lincahnya Agi Agassi

ManiakMotor – Supercross yang rintangannya saling berdekatan alias rapat yang bukan padat merayap, kalau itu sih semut. Saat belok siap-siap loncat atau saat loncat siap-siap belok, itu butuh crosser lincah. Agi Agassi seperti dibilang portal ini sejak awal bertipe joki garuk tanah yang agresif. Saat desain sirkuit seri 2 Surya 12 Powercross di Simpang Gumul, Kediri, Jateng dibikin lebih sulit, Agi mampu mengatasi lintasan yang panjangnya 400 meter itu.

Agi yang memperkuat Dumasari MX bukan sekadar mampu, saat moto-1 yang dijatah 25 laps yang berlangsung 9 Desember 2012, ia meng-KO beberapa bule. Tinggal Jerney IRT  (Husqvarna MX Team) yang luput dari ‘pukulannya’, kan tidak KO di moto-1. Sedang moto-2 ada dua bule di depannya. Ya, wajarlah. “Memang harus lincah saat loncat-loncat, nikung-nikung dan mata juga lirik-lirik,” jelas Agi sembari memperagakan caranya lincah termasuk lirikan matanya saat memenangi kedua moto nasional.

Lincah pada kaki yang aktif menekan suspensi agar bisa memantulkan special engine Honda CRF250R pacuannya ke udara. Belum lagi melibas rhythm section yang semua tertumpu pada kaki untuk mengayun. Loncatan yang berurutan dan begitu mendarat harus diayun sekuatnya agar sampai ke tujuan jumping. Kalau tidak, akan mentok sodara-sodara. Kata ‘mentok’ dan jengking sangat populer di kalangan motocross Indonesia.

Nikung-nikung sebenarnya Andre Sondakh (Husqvarna MX Team) yang punya skill lebih. Andre juga saat QTT tadi siang  yang tercepat nasional. Tetapi, Andre sejak muncul di kancah nasional garuk tanah, belum terbukti di supercross. “Di moto-1 saya ada insiden, sehingga sulit mengejar ulang. Insiden moto-1 ini berpengaruh di moto-2,” kata Andre sembari pasrah.

Mata di balap apa pun menjadi kuncian kejelian dan keyakinan. Yakin kosong dan searah tujuannya, gas poll. Bila di aspal cermat pada satu racing line, di supercross beda lagi. Di garuk tanah semua area sirkuit adalah racing line. “Tinggal tergantung masuk tikungan dari mana, keluarnya di mana. Maka mata harus lincah untuk menuntun cari jalur yang belum rusak. Di Kediri ini nyaris semua seperti rat, mata harus lincah,” yakin Agi.

Hati-hati lirikannya, Gi. GS    

BERITA TERKAIT:

Hasil Semua Sesi Surya 12 Powercross, 8 – 9 Dsember 2012

Surya 12 Powercross Kediri, Sirkuitnya Lebih Berat..!

Jelang Surya 12 Powercross Kediri, Ketangkasan Garuk Tanah

Surya 12 Powercross Banyuwangi, Nasional Agi Agassi..!

Surya 12 Powercross, Ini Loh Bedanya Dengan Motocross


 

BAGIKAN