nhk

Surya 12 Powercross Kediri, Sirkuitnya Lebih Berat..!



Maniakmotor-  Gabriel Vilada desainer sirkuit supercross dari Spanyol, di seri pertama Surya 12 Powercross di Banyuwangi,  mendesain sirkuit biasa-biasa saja (soft) . Saat itu dia pikir crosser Indonesia  akan sulit melewatinya. Faktanya, sirkuit di Bayuwangi itu, eces bagai crosser lokal.

Di  seri-2 di Simpang Lima Gumul , Kediri, Jatim, nilai kesulitan sirkuit ditingkatnya. Kali ini hard, langsung melewati  medium.  Crosser lebih indah berlaga pada 8 – 9 Desember 2012. Tetapi Sabtu, 8 Desember 2012 ini, baru kelas-kelas pendukunga  yang diadakan. “MX2 nasional dan internasional baru Minggu 9 Desember, entah itu QTT, moto-1 dan moto-2,” kata Dira Sulanjana, orang lapangan dari Lightning Production, pelaksana Surya 12 Powercross.  

Kembali ke sirkui yang panjangnya 400 meter tersebut. Berarti lebih panjang dari Banyuwangi yang hanya 350 meter. Ini sekalian meralat tulisan sebelumnya 800 meter. “Jauh berbeda. Karena seri pertama Gabriel kayaknya belum percaya dengan kemampuan crosser Indonesia. Baru dia lihat sendiri, ternyata SE65 dengan mudah menaklukan sirkuit buatannya. Lha SE65 saja bisa, apalagi yang besar. Makanya seri 2 ini lebih berat,” jelas Jhony Pranata dari IMI Racing Academy Motocross.

Lahan Simpang Gumul juga mendukung.  Lebar sirkuit rata-rata bisa 7 meter dibanding Banyuwangi yang hanya 5 meter lebarnya. Di  R1 crosser langsung disambut rolling rhythm dan rhythm section, iniadalah model loncatan yang loncat terus. Iya, rhythm menggabungkan kecepatan dan ayunan  motor, pas mendarat ayun lagi untuk loncat lagi. Kira-kira ada tiga loncatan berurutan yang mendaratnya di table top

Sedang R2 sampai R6 ada triple jump, doble jump dan singel jump. Itu kalau dilihat biasa saja dari garis start hingga finish. Ya kan tinggal lihat doang. Tapi  buat crosser sangat menguras fisik. “Memang lebih tenikal, butuh fisik dan konsentrasi untuk bisa juara,” terang Feby Aribowo, mantan crosser yang melatih di Ardian’s MX.

Tunggu saja sampai besok mainnya. GS

BERITA TERKAIT:

Jelang Surya 12 Powercross Kediri, Ketangkasan Garuk Tanah

Surya 12 Powercross Banyuwangi, Nasional Agi Agassi..!

Surya 12 Powercross Banyuwangi, Sirkuit Teknikal Butuh Fisik!

Kejurnas Powercross Banyuwangi, Didesain Orang Spanyol

Surya 12 Powercross, Ini Loh Bedanya Dengan Motocross


BAGIKAN