nhk

Suspensi Depan Ohlins Bikin Juara Yamaha R25 Di ARRC, Ampuh Untuk Sokbreker Teleskopik!

 

 

ManiakMotor – Di aturan balap motor nasional dan ARRC untuk kelas 250 cc dilarang menggunakan sokbreker depan up-side down. Konstruksi depan harus seperti aslinya.  Tapi isinya silakan diutak-atik, maka ketemulah versi Ohlins untuk Yamaha R25. Suspensi ini boleh disetel lewat lubang-lubang sirkulasi oli, susunan valve dan nitrogennya.

Tentu saja idenya dari Ohlins Indonesia. Masak iya dari Swedia, meraka tahunya moge. “Isi sokbreker ini disebut Ohlins versi Cartridge Kit untuk diameter tabung 22 mm, makanya disebut NIX22. Tabung R25 seperti itu untuk depan. Kit ini bisa disetel rebound 10 tingkat dan kompresi 10 tingkat. Pre load 5 putaran atau 5 mm,” papar Eddy Saputra dari Ohlins Indonesia yang juga pengatur tim Yamaha Finson di ARRC atau Asia Road Racing Championship.

Di ARRC itu, tanpa mengabaikan peran komponen lain, sokbreker ini salah satu yang membawa pembalap Yamaha Finson podium kedua di ronde 5 Qatar. Sebelumnya, R25 kesulitan masuk ke jajaran atas. “Kalau cerita mesin di ARRC peraturannya nggak banyak korek-korekan. Yang bisa dimainkan adalah suspensi. Persolan memang suspensi depan, ketimbang belakang yang monosok tersedia banyak versinya,” tambah Eddy yang markasnya di Cikini, Jakarta Pusat.

Seperti diketahui, suspensi depan asli R25 isinya hanya per dan oli, nggak ada setelan apa-apa di sana.  Kalau Ohlins versi Cartride Kit ini lebih detil bekerja saat suspensi memanjang (kompresi) dan memendek seperti speksifikasi disebut Eddy.

Redamannya teratur karena sirkulasi oli lebih termanajemen setiap pergerakan sokbreker. Lebih khusus lagi bisa diset-up sesuai kondisi. Misalnya bila jalanan bergelombang, boleh disetel lebih cepat reaksinya pada 10 tingkat rebound dan kompresi tadi.

Setelannya tentu pada lubang-lubang pipa yang diatur valve pada as sokbreker yang versi biasa nggak memilikinya, lihat foto. Lubang dan valve inilah yang mengatur cepat, lembut, empuk atau terserah sampeyan redamannya. Tuh yang di ujung sokbreker seperti di foto lokasinya. Dari situlan yang bikin nyaman hendling saat direm deras. Kalau akselerasi, itu urusan sokbreker belakang.

Jangan khawatir isi sokbreker ini boleh dipakai untuk harian, malah lebih enak tuh R25 kalee. Hust, harganya Rp 15 juta. Harga nggak bohong, motor tidak akan repot dihandling. Kalau mau dan serius ke sini aja bro; PT Madani Sentra Multi Jasa atau Ohlins Indonesia di Jl. Cikini Raya No.70, Menteng, Jakarta Pusat 10330. Boleh telepon +6221-3161606. PIN BB 74F51D11. Boleh juga ke website http://www.suspensi-ohlins.com yang ada di home maniakmotor.com. MM 

BACA JUGA

ARRC 2015 Losail Qatar (Race-2 AP250); R25 Indonesia Naik Podium, Mesin Dan Suspensi Ohlins

Tips Motor: Sekali Beli Sokbreker Ohlins Seumur Hidup Dipakai, Bisa Diservis/Disetel

Variasi Motor: Sokbreker Ohlins Untuk Honda Scoopy, Istimewa..!

Variasi Motor: Penampakan Monosok Ohlins Untuk Yamaha R25, Murah..!

 

BAGIKAN