nhk

Suspensi Ohlins Di MotoGP, Ramuan Coating Yang Nggak Pernah Bisa Ditiru

Ohlins sudah berkembang pada karbon

ManiakMotor – Ada beberapa merek suspensi yang pernah masuk ke MotoGP. Contoh Kayaba awal 90-an. Lalu Showa dibawa Honda. Namun pembalapnya menolak dan kembali ke Ohlins seperti dialami Dani Pedrosa di awal karirnya di MotoGP. Sekarang pun sudah rata-rata Ohlins.

Paul Trevathan, pria Selandia Baru dari Ohlins Swedia pernah ke Sentul didatangkan Ohlins Indonesia berbicara, katanya merek lain bisa membuat semua kontruksinya sama. “Misalnya fork (sokbreker depan) teknologi dan bentuknya mirip. Cuma ada yang tidak bisa ditiru, yakni rumus,” sebut Paul yang pernah menangani suspensi RC213V Dani Pedrosa di Repsol Honda tersebut.

Bahkan merek lain mampu membuat persis isi sokbreker seperti USD alias up-side down umumnya. Juga di MotoGP sekarang, ada tabung khusus nitrogen yang mengatur cartridge atau semacam rumah berlubang (suling) untuk manajemen aliran nitrogen dan oli. Tabung tersebut di MotoGP tersusun dua yang salah satunya dekat kepala babi atau kaliper rem. Kalau untuk belakang ini tabung kompresi, lihat foto. Bedanya persis di bawah tabung fork ini tersusun setelah kompresi dan rebound.

Lalu apa rumus yang dibicarakan Paul tadi, ternyata rumus metalurgi pada bahan Ohlins. Terutama lagi coating atau lapisan liner pada dinding dalam tabung suspensi Ohlins yang dilintasi piston suspensi. “Rumus ini hanya ada di Ohlins Swedia. Hanya orang-orang tertentu yang tahu. Saya sendiri nggak pernah tahu. Yang jelas rumus ini berhubungan dengan kinerja,” sebut Paul pada rahasia keluarga Ohlins, macam resep makanan.

Di MotoGP yang punya tenaga 250 dk dengan kecepatan mencapai 350 km/jam, kerja piston sokbreker mengelola redaman sangat aktif. Saat itu dengan banyak lap, dinding ini tidak banyak terpangaruh oleh suhu dan kerja piston (valve) yang berlebihan. Dia tidak stress, sehingga kompresi tekanannya rata terus dari berbagai situasi.

Menurut Eddy Saputra dari Ohlins Indonesia, Ohlins itu sudah membuka pabrik di beberapa benua, termasuk ke Asia yang ada di Thailand, “Tapi tabung dinding yang dilintasi piston ini tetap dikerjakan dari Swedia. Nggak bakalan dikasih ke pabrik rekanan. Termasuk saat ini yang dilakukan pada teknogi karbon,” kata Eddy dari markasnya di Ohlins Indonesia di Cikini, Jakarta Pusat.

Pantas… berarti termasuk yang dijual umum. Miolo

BAGIKAN