nhk

Suspensi Ohlins Elektronik Yamaha R1M, Di Indonesia Ada, Harga Sokbrekernya Bisa Beli Rumah

Yamaha R1M Eric Saputra

ManiakMotor – Nama aslinya Ohlins Electronic Racing Suspension – R1M Only. Ohlins elektronik ini memang adanya hanya di Yamaha R1M. Menyetel suspensinya nggak perlu pakai perkakas atau dibongkar-bongkar dengan kunci, tapi sudah tersedia elektronik dari panel instrumen penyetelan kompresi-rebound pada monosok dan garpu depan.

Tinggal disetel dari sini bro

Memang, moge 1000 cc yang dari sasis sampai mesin diatur elektronik menggunakan penggalan teknologi M1 MotoGP ini, sudah beberapa di Indonesia. Tapi yang kelihatan digeber di balap Indonesia baru 1 unit.

“Kita hanya bicara suspensi Ohlins ya. Ada lima mode setelan suspensi yang hanya diklik-klik seperti pencet hp. Masing-masing untuk kompresi dan rebound depan-belakang yang dikalibrasi lagi untuk pengereman dan akselerasi,” sebut Eric Saputra si pemilik motor R1M yang harganya hampir 1M tersebut. Eric ini melepas motornya di kelas moge Superstock up 1000 cc di Yamaha Sunday Race dan IRS. Dia juara mulu.

Elektronik dan mekanikal

Selain di panel juga bisa diupdate lewat android, waw. Tinggal masukan denah sirkuit Sentul misalnya, akan dipandu GPS intenal R1M akan muncul basis setelan. Nnanti akan ada laporan pada panel untuk penyetelan SETTING, Brake Support, Corner Support, Front Firm dan Rear Firm.

Belakang juga dikontrol elektronik

“Semua bisa disetel di situ sesuai kemauan pembalap dan kenyamanannya. Kalau di Sentul grafiknya di tengah semua agar pantulan sokbreker lebih cepat. Maklum, sirkuitnya sangat bumpy,” kata Leon Chandra, teknisi elektronik tim Cargloss Racetech RRS Team juga milik Erick bersama Leon.

Tentu saja semua itu terintegrasi pada elektronik R1M yang sangat canggih. Dia punya chip sendiri yang disebut Ohlins Electronic Racing Suspension (OERS). Doski beker sama dengan banking angle sensitive Traction Control System (TCS), Rear wheel Slide Control System (SCS), Front Lift control system (LIF), Launch Control System (LCS), Quick Shift System (QSS), adjustable 4-position PWR power mode selection system dan Yamaha Ride Control (YRC) function yang ada pada R1M.

Eric Saputra

Elektroniknya tentu juga tersambung secara mekanikal langsung pada sokbreker. Coba perhatikan foto, ada soket kabel yang mantap nancap di ujung atas garpu depan. Soket ini sudah disatukan dengan baut penutup atas garpu Ohlins.

“Kabel ini tersambung dengan alat mekanikalnya. Kalau diperintah dari elektronik, dia akan mengatur valve untuk sirkulasi oli dari katup-katup sirkulasi pelumas dan peredam suspensi. Sama saja dengan manual seperti mengklik kompresi pada tabung kompresi atau rebound pada badan sokbreker,” timpal Eddy Saputra dari Ohlins Indonesia.

Dengar-dengar sih, harga sokbreker elektronik ini bisa beli rumah tipe 45/90 di pinggiran Jakarta. Kalau mau beli juga bisa di  Jl. Cikini Raya No.70, Cikini, Menteng – Jakarta Pusat, +6221 316 1606 | +62 877 8822 2067. Raider

BAGIKAN