nhk

Suspensi Ohlins Yamaha R3 Seperti Ini Yang Dipakai Galang Di WSSP300

ManiakMotor – Sokbreker dan kit yang option digunakan pada Yamaha YZF-R3 Galang Hendra Pratama, risetnya dari Indonesia. Isi suspensi depan dan monosoknya sama dengan R25. Apalagi R3 di Eropa itu diproduksi Yamaha Indonesia. Sifat motor tersebut eksport. Makanya optionalnya diriset dari sini.

Kalau depan seperti ini isinya

Itu dia produk Ohlins. Suspensi yang ikut membawa Galang juara di sirkuit Brno, Ceko pada ronde 5 WSSP300. Galang yang diutus Yamaha Indonesia itu, motornya menggunakan kaki-kaki Ohlins, “Motornya sangat mantap di Brno. Suspensinya apalagi,” puji Galang pada setelan tim Yamaha Moto X Racing tersebut dan berjanji akan kuat lagi di Misano, Italia di seri mendatang.

Eddy Saputra dari Ohlins Indonesia yang bermarkas di Cikini, Jakarta pusat meyakinkan, bahwa Ohlins yang digunakan R3 sama saja dengan R25. “Risetnya sebenarnya dari Indonesia, karena motor tersebut lahirnya di Indonesia. Untuk depan disebut Ohlins versi Cartridge Kit. Diameter pistonnya 22 mm dipakai R3 Galang,” sebut Eddy masih dari markas sokbreker berciri emas itu.

Makanya Cartridge Kit tersebut modelnya NIX22. Model ini juga biasa dipakai pada tabung R25 yang bermain di ARRC. Tentu saja buat tim independen. Rebound boleh disetel  10 tingkat dan kompresi juga 10 tingkat. Pre load 5 putaran atau 5 mm. “Model ini yang beredar di Eropa,” tambah Eddy.

Kemampuannya menjaga rangka standar R3 tetap stabil ketika peralihan bobot pengereman di depan tikungan. Mampu juga menenangkan wilayah depan ketika menikung seperti aksi Galang menang di Brno. Apik bangat skill Galang saat itu yang salah satunya ditopang suspensi. Termasuk di dalamnya perubahan bobot aturan.

Seperti ini buat belakang

Sedang monosok yang sudah pasti sokbreker belakang, R3 Galang menggunakan tipe S46HRCL. Tipe ini yang dijual di Indonesia sampai Eropa dan ditawarkan oleh Ohlins Swedia pada tim-tim di WSSP300.

“Juga sering dipakai di R25. Springnya bisa diganti sesuai bobot pengendara. Kalau semacam bobot Galang menggunakan yang paling lembut. Penyetelan rebound dan kompresi juga rapat,” sebut Eddy yang terlihat berfoto bersama Galang saat bertemu dengan Imam Nahrawi (MenPora) pada 21 Juni 2018.

Singkat cerita kalau ingin seperti Galang Hendra hubungi Jl. Cikini Raya No.70, Cikini, Menteng – Jakarta Pusat, telepon +6221 316 1606 | +62 877 8822 2067 atau email sales@senaautopart.com. MM

BAGIKAN