nhk

Suzuka 8 Hours 2015: Juaranya Yamaha Lewat Espargaro, Smith Dan Nakasuga

ManiakMotor – Wajar tim Yamaha Factory Racing (YFR) juara Suzuka 8 Hours pada Minggu 26 Juli 2015 di Suzuka, Jepang. Tim ini diperkuat pembalap yang rata  kemampuannya ketimbang lawan. Nakasuga walau tak aktif di MotoGP tapi dia tester resmi pabrikan Yamaha. Motor sebelum digeber Valentino Rossi dan Jorge Lorenzo dia dulu yang merasakannya.

Belum lagi cerita Pol Espargaro dan Bradley Smith yang datang dari joki MotoGP aktif yang masih muda-muda pula. Keduanya jaminan bertarung 8 jam di jok Yamaha R1 dengan nafas kuda. Kendati hanya tim satelit Yamaha Tech3, tapi statusnya lawannya di bawah mereka. Lawan kebanyakan datang dari Moto2, supersports dunia dan bahkan ada yang dari Asia Road Racing Championship macam Yudhistira dan Dimas Ekky Pratama, hehe. Ada pula yang sudah pada berumur.

Karena itu, walau kena penalty hukaman harus masuk pit line dan ditambah 30 detik, Pol, Smith dan Nakasuga berhasil ke depan lagi. Hukuman  ini karena si Pol menyalip musuh saat berada di area bendera kuning. “Saya bangga deh dengan lomba ini. Saya bikin kesalahan sehingga dapat penalty, tapi itu sudah terbayar,” kata Pol.

Lawan sebenarnya ada dari Casey Stoner. Sayang tim Stoner tidak berlanjut lantaran Stoner sendiri kecelakaan berat ketika lomba baru berjalan sejam. Nah ini urutan juaranya: Pertama YFR lewat Espargaro/Nakasuga/B. Smith. Kedua adalah FCC TSR Honda Aegerter/K. Smith/Hook. Sedangkan yang ketiga Suzuki Team Kagayama diperkuat oleh Kagayama sendiri, Kiyonari dan Noriyuki Haga.

Sayang tim yang diperkuat dua pembalap Indonesia masih berada di belakang. Sebenarnya tim diperkuat Yudhistira yakni Kawasaki Green Team adalah lawan berat YFR. Tapi motor mereka sudah bermasalah sebelum start, katika diperbaiki sangat menyita waktu dan bikin mereka ketinggalan 3 lap. Beda lagi dengan yang diperkuat Dimas Ekky, ini tim Honda Asia yang pembalap pendamping Dimas datang dari joki Malaysia di Moto2 dan Thailand, ya kalah skill dari Pol dan Smith. MM

BACA JUGA

MotoGP 2015 Jelang Indianapolis: Celaka di Suzuka 8H, Stoner Balik ke MotoGP Tetap Jadi Isu

Suzuka 8 Hour 2015: Stoner Kecelakaan Berat, Sementara Pasukan Pol Espargaro/Smith Ke-2

Suzuka 8 Hours 2015: Pol Bawa Yamaha Pole, Stoner Ke-4, Yudhistira Kedua Sejarahnya Indonesia

MotoGP 2015 (Jelang Indianapolis): Mayoritas Gigi Rendah, Ujian Lagi M1 Rossi dan Lorenzo

MotoGP 2015 (Jelang Indianapolis): Hadapi Paruh Kedua, Begini Strategi Rossi       

BAGIKAN