nhk

Suzuka 8 Hours 2016: Dua Jam Pertama Yamaha R1M Memimpin 17 Detik, Indonesia Ke-6

ManiakMotor – Namanya saja Suzuka 8 Hours, adanya di sirkuit Suzuka. Lomba tahunan di Jepang itu saat tulisan ini diketik pada Minggu 31 Juli 2016 sudah berjalan 2 jam dari 8 jam jalannya balapan. Yang memimpin sementara pasukan pabrikan Yamaha atau Yamaha Factory Racing Team (YFRT)yang jokinyanya mengandalkan Yamaha R1M.

YFRT di event ini motornya bernomor 21 diperkuat Pol Espargaro, Katsuyuki Nakasuga dan Alex Lowes, ya nama-nama yang memang menjanjikan. Pol adalah pembalap Tech 3 yang tahun depan pindah ke KTM. Nakasuga langganan pakai M1 sebagai tester, jadi begitu saat naik moge harian 1000 cc, enteng saja mereka melipat-lipatnya. Buktinya sampai jam kedua menuju jam ketiga lomba,  YFRT sudah unggul 17 detik. Selisih yang jauh, bila pembalapnya nggak kehabisan nafas, hehe. Juga dalam kualifikasi Sabtu kemarin YFRT yang pole position yang diwakili si Pol.

Posisi kedua adalah Honda Musashi Racing Team yang motornya bernomor 634 yang tak lain tim pabrikan Honda. Tim ini diperkuat Takuma Takahashi yang dikenal sebagai peserta ARRC, lalu ada M Van Der Marck dan Nicky Hayden. Nah nama terakhir tahu sendiri, dia mantan juara MotoGP yang saat ini bermain di WSBK dengan Honda.

Yang ketiga ditempati Yoshimura Suzuki yang tunggangannya bernomor yang juga pabrikan Suzuki dan keempat untuk sementara Team Green alias pasukan Kawasaki. Di kelas puncak ketahan ini, ada pembalap Indonesia yang diwakili Dimas Ekky Pratama. Dimas bersama Zachwan Zaidi (Malaysia) membela Satu Hati Team Asia yang nomor motornya 22, dan memang hanya dua pembalap mewakili tim tersebut. Posisi sementara Dimas di urutan ke-6, lumayan. Ini tahun kedua juga Dimas ikut ketahanan 8 jam Suzuka. 

Begitu dulu sementara event yang diikuti 68 tim tersebut. Berarti ada 68 motor dalam 8 jam berada di sirkuit Suzuka. Tunggu saja hasilnya yang finishnya 5 jam ke depan. Kalau mau lihat siaran langsungnya ada di saluran tv Eurosport, ya tv kabel. Eiiit… Hayden jatuh saat lomba sudah berjalan 2 jam 45 menit. Ito

BACA JUGA

Suzuka 8 Jam 2016 Jepang: Espargaro Tercepat, Siang Ini Lomba Dimulai

MotoGP Austria 2016 Jelang: Beban Rossi Jadi Enteng Ketinggalan Di Klasemen, Mengejar-Dikejar

MotoGP 2016 Jelang Austria: Maraquez Gosipin Pedrosa, Soal Anak Tiri Honda

MotoGP Austria 2016 Jelang: Marquez Gosipin Rossi, Tunggu Total Battle Lagi

MotoGP Austria 2016 Jelang : Lorenzo Masih Dihantui Rasa Takut dan Cemas, Ada Obat Pemusnahnya

BAGIKAN