nhk

Suzuka 8 Hours 2016: Rontoknya Tim Unggulan, Yamaha pun Melenggang Juara

 

ManiakMotor – Dominasi tim pabrikan Yamaha di lomba ketahanan Suzuka 8 Hours di sirkuit Suzuka, Jepang, Ahad (31/7) tidak lepas dari penampilan cemerlang duet pembalap asing Pol Espargaro dan Alex Lowes yang menggantikan Bradley Smith. Trio Yamaha ini menyelesaikan 218 lap tanpa mengalami gangguan teknis sedikit pun.

Keberhasilan ini sebagai hadiah istimewa buat Pol Espargaro yang tahun depan akan pindah ke KTM. Juga sebagai kemenangan kedua (2015-2016) sejak 1996 Yamaha tidak pernah naik podium pertama. 

Puncaknya, Espargaro dan kawan-kawan mampu mematahkan dominasi Honda yang berambisi memenangkan lomba yang penyelenggaraannya ke-39, untuk lima kali berturut-turut.

Saat lomba dimulai, tugas satu jam pertama dipercayakan pada Katsuyuki Nakasuga. Pembalap nasional Jepang yang tester Yamaha motogp dapat menjalankan tugas dengan baik. Hanya, selisih waktu dengan lawan di belakang teramat ketat. Ketika motor diserahkan kepada Lowes jarak mulai renggang menjadi 1 menit 22 detik kala diserahkan balik ke Nakasuga.

Jarak dengan lawan dapat dijaga oleh trio garprutala, termasuk Espargaro yang menutup lomba dengan selisih jarak 2 menit 17.883 detik. “Ini sungguh luar biasa. Ini balapan bersejarah dan kami
sudah menang dua kali dan hasilnya lebih baik lagi,” ujar Espargaro dengan senyum riang.

Pada satu jam pertama, tim pabrikan Musashi Honda mengandalkan Takumi Takahasi dan dua pembalap asing mantan juara dunia motogp Nicky Hayden dan Michael van der Mark menjadi rival utama Yamaha. Sayang, jelang akhir jam ketiga, motor mereka mendapat gangguan teknis dan ditarik ke luar lintasan.

Nasib apes itu justru menimpa Nicky Hayden yang menjadi pembalap ketiga di satu jam pertamanya. Saat pembalap Amerika masuk lintasan, ia tertinggal 20 detik dari Yamaha sampai akhirnya harus berhenti. Kejadian seperti ini juga mencuat pada tahun lalu, hanya jokinya Casey Stoner dan tahun ini diisi oleh Hayden.

Tanda-tanda Musashi Honda bakal mandek terasa sejak start. Takahashi start buruk dan berada di urutan ketiga kala motor diserahkan ke VD Mark. Namun ketika pitstop pertama mendapat masalah dengan roda depan.

Mundurnya Musahi Honda di jelang akhir tiga jam pertama, harapan Honda bertumpu pada tim F.C.C sebagai favorit juara. Namun, mereka juga tak mampu karena ada gangguan sehingga melorot ke-18. Kondisi ini  memberi peluang kepada tim Gree Kawasaki dan Yoshimura Suzuki bersaing merebut posisi kedua. Persaingan antara Leon Haslam (Kawasaki) dan Noriyuki Haga (Suzuki) cukup mendebarkan. Akhirnya Haslam yang mantan juara Suzuka berada di atas angin untuk merebut posisi runner-up.

Yang patut dipuji penampilan pembalap Indonesia Dimas Eky Pratama yang dikawinkan sama Wilairot (Thailand) dan Zahlan Zaidi (Malaysia). Trio Honda Asia ini tampil konsisten dan pada 2 jam pertama sempat berada di urutan keenam. Namun, jelang satu jam terakhir posisi mereka terus turun-naik-turun dari keenam-tujuh- dan akhirnya finis kedelapan. Rezki

BACA JUGA

Suzuka 8 Hours 2016 : Yamaha Juara, Dimas Eky Pratama Finish 10 Besar 

Suzuka 8 Hours 2016 : Tinggal 45 menit, Yamaha Memimpin, Indonesia Kedelapan 

Suzuka 8 Hours 2016: Dua Jam Pertama Yamaha R1M Memimpin 17 Detik, Indonesia Ke-6 

Suzuka 8 Jam 2016 Jepang: Espargaro Tercepat, Siang Ini Lomba Dimulai 

Hasil lomba Suzuka 8 Hours

1. #21 Yamaha Factory Racing Nakasuga/Espargaro/Lowes laps

2. #87 Team Green Yanagawa/Haslam/Watanabe +2m 17.883s

3. #12 Yoshimura Suzuki Tsuda/Brookes/Haga +1 lap

4. #7 YART Yamaha EWC Team Parkes/Nozane/Fujita +4 laps

5. #32 Moto Map Suzuki Waters/Aoki/Konno +4 laps

6. #17 Kagayama Suzuki Kagayama/Uramoto/Kiyonari +5 laps

7. #01 Eva RT Kawasaki Deguchi/Izutsu/Nigon +5 laps

8. #22 SatuHati Honda Team Asia Pratama/Wilairot/Zaidi +6 laps

9. #18 Mistresa ATS Honda Nakatsuhara/Kobayashi/Sekiguchi +6 laps

 

10. #090 Teluru RT Honda Akiyoshi/Cudlin/Ohkubo +6 laps 

BAGIKAN