nhk

Suzuka 8 Hours 2016 : Yamaha Juara, Dimas Eky Pratama Finish 10 Besar

 

ManiakMotor – Yamaha R1M menunjukkan keperkasaannya di ajang ketahanan motor paling bergengsi “Suzuka 8 Hours” yang berlangsung di sirkuit Suzuka, Jepang, Ahad (31/7) berakhir pukul 17.30 waktu Indonesia (19.30 waktu setempat). Balapan  yang penyelenggaraannya ke-39 di negeri sakura ini akhirnya dimenangi trio Pol Espargaro, Alex Lowes, dan Katsuyuki Nakagawa.

Mereka yang tergabung dalam Yamaha Factory Racing Team (YFRT) berhasil finish pertama dan menyelesaikan 218 lap selama 8 jam. Ini berarti, Espargaro dapat mempertahankan mahkota juara tahun lalu. Bahkan sejak dilepas pukul 09.30 WIB (11.30 waktu Jepang), mereka sudah melejit ke depan.

Espargaro dan kawan-kawan tidak mendapat perlawanan ketat ketika lomba tinggal menyisakan 2 jam. Team Green dengan motor Kawasaki lewat pembalap andalan Leon Haslam sudah tertinggal 1 lap. Namun, saat lomba tinggal beberapa menit Haslam dapat menyamakan jumlah lap. Hanya, jarak yang 2 menit 17,883 detik sangat tidak mungkin untuk mengejar. Akhirnya mereka jarus puas kedua.

Di belakang Espargaro dan Haslam membayang tim pabrikan Suzuki dengan bendera Yoshimura Suzuki. J.Brookes yang jadi andalan tertinggal 1 lap. Upayan untuk mengejar sudah tertinggal cukup jauh.

Penampilan pembalap Indonesia Dimas Eky Pratama yang berpasanmgan sama pembalap Malaysia  Zachwan Zaidi dengan bendera Satu Hati Honda Team Asia harus puas di posisi ke delapan. Mereka tertinggal 6 lap dari Espargaro. Tim ini mencatat waktu tercepat per lap 2 menit 10.990 detik, terpaut 2 detik sama sang juara.

Sedang Nicky Hayden yang membela tim pabrikan Honda hanya menyelesaikan 144 lap. Terjatuhnya pembalap Amerika itu membuat strategi tim buyar. Pembalap Belanda Van der Marck, rekan Hayden pun tidak mampu mengejar ketertinggalan yang teramat jauh. Rezki

BACA JUGA 

Suzuka 8 Hours 2016 : Yamaha Juara, Dimas Eky Pratama Posisi Kedelapan 

Suzuka 8 Hours 2016 : Tinggal 45 menit, Yamaha Memimpin, Indonesia Kedelapan 

Suzuka 8 Hours 2016: Dua Jam Pertama Yamaha R1M Memimpin 17 Detik, Indonesia Ke-6 

Suzuka 8 Jam 2016 Jepang: Espargaro Tercepat, Siang Ini Lomba Dimulai

BAGIKAN