nhk

Suzuka 8 Hours Endurance 2015: Rossi – Lorenzo Fokus Jurdun, Yamaha Kirim Anak Satelit Ngelawan Stoner

ManiakMotor – Setelah absen sejak 2002, Yamaha kembali turunkan tim pabrikan di ajang bergengsi Suzuka 8 Hours Endurance. Line up-nya adalah duet pembalap Mosnter Yamaha Tech3 Pol Espargaro dan Bradley Smith, plus jawara lokal Katsuyuki Nagasuka.

 

Dibekali Yamaha YZF-R1 yang khusus dibangun untuk lomba ketahanan 8 jam di Suzuka itu, trio itu diharapkan mampu meraih kemenangan kali kelima buat Yamaha sepanjang sejarahnya. Menjadi seru karena calon lawan berat ya tetap saja kubu Honda yang musim ini diperkuat Casey Stoner, mantanjoki papan atas MotoGP.

Buat Smith dan Pol, ini kali pertama ikutan event tersebut. Waktu penyelenggaran pada 25-26 Juli bertepatan dengan libur kompetisi MotoGP sehingga keduanya tak terganggu. Keduanya so pasti senang diberi kesempatn ngerek bendera pabrikan.

“Ini bab baru dalam kehidupan saya. Saya sudah banyak dengar soal YZF-R1 dan akhirnya bisa mengendarainya,” ujar Bradley dalam rilis Yamaha Motor Co, Ltd yang diterima portal ini.

Pol juga punya kebanggaan tersendiri. “Ini balapan sangat prestisius dan saya bangga menjadi pilihan Yamaha meski tak punya pengalaman ikut endurance. Jujur saya tak tahu banyak soal YZR-R1 meski banyak orang memujinya,” kata Pol.

Tadinya, Valentino Rossi juga berniat mengisi liburan dengan ikut event tersebut seperti ia lakoni pada musim 2000 dan 2001 di atas Honda.

“Saya ingin berpasangan dengan Jorge (Lorenzo). Kelihatannya akan sangat hebat dan menyenangkan. Tapi, sepertinya tahun ini sangat sulit dilaksanakan. Mungkin kesempatan berikutnya,” komentar The Doctor.

Lorenzo mengamini rekan setimnya. “Pada saat ini sangat berisko mengikuti kejuaraan tersebut. Meski berlangsung saat libur MotoGP, tetap saja ada bahaya kecelakaan. Mungkin suatu saat nantikami akan ikut,” tegasnya.

Yamaha sendiri jelas ogah mengirim Rossi dan Lorenzo. Keduanya harus fokus mengejar gelar jurdun MotoGP 2015. Mumpung lagi ada kesempatan. Andro

 

BAGIKAN