nhk

Suzuka 8 Jam 2017: Finish, Yamaha Factory Juara, Tim Dimas Ekky Ke-8

Suzuka 8 Hours 2017a

 

ManiakMotor – Lomba Suzuka 8 Hour atau Suzuka 8 Jam di Jepang pada Minggu 30 Juli 2017 dimenangi Yamaha Factory Racing Team (YFRT). Tim ini sejak awal memang sudah membujka potensinya. Di jam ke-5 saja mereka sudah unggul setengah lap dari lawan.

Hasil

YFRT ini memang diperkuat mereka yang berkualitas di bidang balapan masing-masing. Yakni Katsuyuki Nakasuga yang profesinya sebagai tester M1 di MotoGP dan juara superbike Jepang. Ada juga Alex Lowes yang kadang di MotoGP dan rutin di superbike dan termasuk pembalap ketiga mereka, M Van den Mark yang juga dari superbike. Ketiganya enteng memainkan Yamaha R1 yang gantian mereka tunggangi.

Trio Yamaha ini sepanjang 8 jam lomba, sulit terkejar oleh pasukan FCC TSR Honda (FHT). Pasukan FHT ini dipekuat D Aergerter, Randy de Puniet dan J Hook. Tim ini juga kuat mengingat ada pembalap berpengalaman dari Prancis, de Puniet.

FHT jutru malah dilibas  Kawasaki Team Green (KTG) yang salah satu pembalapnya dari Malaysia, yakni Azlan Shah. Saat finish, KTG malah unggul  7 detik atau menyelesaikan 189 lap. Pada akhirnya kedua tim ini diasapi Yamaha satu lap. Kan Yamaha menyelesaikan 190 lap dalam waktu 8 jam.

Sementara Honda Team Asia yang diperkuat Dimas Ekky Pratama sempat ke-7, tapi akhirnya tergeser ke-8. Mereka sudah sangat girang dengan hasil tersebut, karena sebelumnya target hanya ke-10. Tim ini diisini pembalap Asean, selain Dimas ada Zaqhwan Zaidi (Malaysia) dan R. Wilairot (Thailand). Mereka tertinggal lima lap dari juara. MM

BAGIKAN