nhk

Suzuki GSX-R150 Dibekali Kunci Pintar, Banyak Fitur, Pertama Dikelasnya

Suzuki, GSX-R150, MSK

ManiakMotor – PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) mengirimkan video dengan materi berupa penjelasan soal Suzuki GSX-R150 sudah dilengkapi Keyless Ignition System (KIS). Herannya, kenapa pengenalan teknologi ini tidak dikemas dalam satu acara. Ya, entah itu di trek balap atau lokasi keramaian. Apalagi, di kelas 150 cc, baru Suzuki GSX-R150 yang pakai KIS.

Suzuki, GSX-R150, Remote
Radius satu meter, mesin sudah bisa dioperasikan dengan bantuan remote

Menariknya, posisi main switch dirancang menyatu dengan tangki bensin yang letaknya di ujung (dekat segitiga). Dengan begitu, pengoperasian “Main Switch Knob” (MSK alias tombol atau kunci yang bisa dicabut dengan tinggal diputar ke posisi “ACC”) gampang dan mudah terjangkau. Teknologi ini memberi banyak keuntungan, kemudahan, dan motor pun aman ketika ditinggal.

Benefitnya, dengan “assist back” membantu pemilik mengenali posisi parkirnya. Karena, ketika tombol di remote ditekan, lampu sein akan berkedip. Trus, adanya “Secure Kyless” membuat pengamanan motor lebih optimal. Lalu, saat pengendara (remote)

Suzuki, GSX-R150, Remote dan MSK
Main Switch Knob (MSK, kiri) dan remote. Banyak fitur yang memudahkan pengendara

berada pada jarak satu meter dari motor, KIS akan otomatis mengunci. Ketika kembali ke motor, dari radius satu meter mesin sudah bisa dioperasikan oleh remote berkat adanya fitur “Keyless Starter”.

Enak, kan! Bahkan motor bisa dinonaktifkan dari jarak 20 meter karena adanya fitur “Answer Back System”. Yang perlu diingat, saat menekan “Main Switch Knob” (tombol) dan tidak memutarnya ke posisi “ON”, lampu indikator keyless akan memberi peringatan berkedip selama 4 detik. Setelah itu lampau “hazard” menyala satu kali dan tombol akan

Suzuki, GSX-R150, Indikator
Lampu indikator keyless berkedip 30 detik jika remote rusak ato hilang

terkunci. Jika ingin membuka tangki bensin atau jok, gunakan tombol (knob) dengan terlebih dulu diputar ke posisi “ACC” lalu dicabut.

Kalau saat parkir tombol dicabut atau tetap menempel. Biarkan menempel dan jika ada tangan jahil alias maling yang coba memutar paksa, sesuai konstruksinya MSK akan berputar kosong. Bagaimana bila remote hilang atau rusak, tapi MSK sudah keburu diputar ke posisi “OFF”. Maka, indikator keyless akan berkedip selama 30 detik. Nah, selama berkedip itu MSK bisa dioperasikan dengan diputar ke posisi “ON”. Aman! Rilis Suzuki

BAGIKAN