nhk

Suzuki Indonesia Challenge/OMR Suzuki Satria FU 2014 CImahi Bandung: Nih Aturan Mainnya..!

 

ManiakMotor – Aturan main Suzuki Indonesia Challenge (SIC) atau one make race Suzuki Satria FU sangat sederhana. Pembalap yang mendaftar cukup membawa perlengkapan balap. Tentu saja umur tak lebih dari 23 tahun dan lebih wajib lagi memiliki Kartu Izin Start (KIS). Sebab motor sudah disediakan 2W PT. Suzuki indomobil Sales.

Seperti itu yang terlihat pada seri pertama SIC di sirkuit Brigif, Cimahi, Bandung pada Sabtu 27 Desember 2014. “Bahkan pembalap tak boleh membawa mekanik. Spek motor sama dan telah disetting rata untuk karakter Brigif,” jekas Felix Judyanto yang sehari-harinya pemilik Suzuki Cia Felix, namun di SIC yang mengatur ke-25 FU siap pakai.

Felix yang mantan pembalap top di eranya tentu juga berfungsi sebagai pengamat balap motor di kalangan Suzuki. Maklumlah, dia setia dengan Suzuki, mau badai apalagi hanya hujan seperti Sabtu di sirkuit Brigif, dia tetap Suzuki. Dia tahu betul talenta-talenta balap yang disaring untuk ikut Asia Road Racing Championship (ARRC) tersebut. “Jabar kan rutin bikin kejurda road race, makanya yang mendaftar sangat potensial. Usia mereka masih sangat muda,” tambah Felix.

Ke-25 Satria FU yang disiapkan ada kandang khususnya. Di kandangan khusus ini pesrta dilarang mengutak-atik sendiri kecuali dari mekanik yang disediakan panitia. Tindakan itu dilakukan agar adil, nggak ada tudingan curang-curangan. Lantaran motornya digunakan peserta dengan cara undi.

Format lombanya sendiri, tentu saja diawali dengan latihan. Lalu dilanjutkan dengan QTT atau kualifikasi. Dari 143 peserta yang terdaftar di Cimahi, hanya ada 50 pembalap yang tersaring maju ke penyisihan lewat QTT. QTT ini sudah berlangsung Sabtu 27 Desember dengan hujan rintik-rintik. “Sisanya sudah gugur, karena QTT-nya sistem gugur,” jelas Saeful Hidayat, pimpinan lomba.

Dari 50 peserta akan maju ke penyisihan yang dibagi dua grup pada Minggu 28 Desember. Setiap grup akan dilepas 25 pembalap. Lantas setiap grup dipilih 12 peserta maju ke final. Final ini akan dilakukan dua race. Posisi grid akan dilihat dari best time dalam penyisihan. Lima juara akan maju ke babak final yang berlangsung di Sentul pada 28 Maret 2015. Begitu bro. Rzk

BACA JUGA

Hasil OMR Suzuki Satria FU (Suzuki Indonesia Challenge) Cimahi, Jabar, 27 – 28 Desember 2014

Suzuki Indonesia Challenge/OMR Suzuki Satria FU 2014 Cimahi: Benang Merah Ke MotoGP 2015

OMR Suzuki Satria FU 2014 – 2015, Ada Enam Seri, Mulai Akhir Desember

ARRC 2014: Suzuki Kembali Ke ARRC 2015 Dengan OMR FU150

OMR Suzuki Satria FU 2014 Jelang Cimahi Bandung: Balapan Bebek Super Seleksi ARRC 2015

 

 

BAGIKAN