nhk

Suzuki Indonesia Challenge (SIC)/OMR Satria FU: Ke-5 Pembalap Telah Terpilih Ke Final Sentul

 

 

ManiakMotor – Sudah ada lima pembalap yang maju ke babak final di Sentul untuk Suzuki Indonesia Challenge (SIC). Ini event semacam one make race Suzuki Satria FU untuk seleksi pembalap yang akan dikirim ke ARRC 2015. Suzuki membuka lomba balap semerek di ARRC  yang mereka sebut Suzuki Asian Challenge yang seri pertamanya dimulai April 2015, maka seleksinya sudah dimualai ujung tahun 2014 .

Seri pertama SIC berlangsung di Brigif, Cimahi, Bandung, Jawa Barat pada 27 – 28 Desember. Dari pengamatan ke-5 pembalap yang berhak maju punya penguasaan dasar balap yang bagus. Kelimanya bertarung dari babak kualifikasi, penyisihan sampai final yang berlangsung dua race.

“Pembalap yang keluar sebagai juara di lomba dengan spek FU yang sama memang teruji. Apalagi bukan motor bawaan si pembalap, ke-25 FU punya ergonomiknya yang  sama semua, bukan disetel untuk satu pembalap,” jelas Yudhi Febrianto dari 2W PT Suzuki Indomobil Sales (SIS).  

Ke-5 pembalap yang terseleksi dari 142 peserta SIC yang terdaftar di Cimahi. Itu peserta, bukan starter. Disebut starter satu pembalap bisa mendaftar di beberapa kelas. Sedang peserta dihitung satu kepala satu motor, karena hanya menggunakan Satria FU di OMR Suzuki Satria FU. Dan kelima pembalap yang terpilih silakan lihat hasil. 

Coba tannya pada mantan pembalap yang memang ahli mengamati jalannya balap, yakni Felix Judyanto. Ia terlibat siapnya ke-25 FU yang digunakan peserta di SIC. Ia juga pemilik Suzuki Cia Felix.

“Rata-rata mereka punya basis pemula sesuai harapan Suzuki untuk seleksi  talenta ke ARRC. Ya kan, kalau yang sudah matang seperti Rafid Topan, untuk apa ada seleksi,” jelas Felix sembari bilang beberapa pembalap yang terpilih belum terbiasa dengan karakter bodi FU dan mesinnya.

Maklum, walau standar  FU memiliki dua kem atau DOHC (Double Over Head Chamshaft). Yang dipakai di SIC telah diganti karburatornya dengan UMA Racing 28 mm. Knalpot juga kompetisi, mesin standar habis. Lalu standar FU sendiri adalah dengan sokbreker depan yang panjang beda dengan bebek yang lain. Dulu sih disebut ayam jago, bukan jagonya ayam. Terutama sokbreker ini butuh penyesuaian dari pembalap. 

Yang paling konsisten Andreas Gunawan. Andreas Gunawan pembalap asal Bandar Lampung yang ikut mendaftar di Cimahi. Pembalap 20 tahun ini di kualifikasi  ke-4, penyisihan ke-1, race-1 ke-1 dan race-2 ke-3 (hujan). Andreas pun sebagai pole position yang time-nya diambil saat penyisihan. Lacak punya lacak, Andreas punya prestasi lumayan di kelas pemula di region 1 Sumatera. Toh ini baru sesi awal dan dia akan berhadapan lagi dari pembalap lima pembalap lain  yang terpilih dari setiap seri. Rzk

BACA JUGA

Hasil OMR Suzuki Satria FU (Suzuki Indonesia Challenge) Cimahi, Jabar, 27 – 28 Desember 2014

Suzuki Indonesia Challenge/OMR Suzuki Satria FU 2014 CImahi Bandung: Nih Aturan Mainnya..!

Suzuki Indonesia Challenge/OMR Suzuki Satria FU 2014 Cimahi: Benang Merah Ke MotoGP 2015

OMR Suzuki Satria FU 2014 – 2015, Ada Enam Seri, Mulai Akhir Desember

ARRC 2014: Suzuki Kembali Ke ARRC 2015 Dengan OMR FU150

OMR Suzuki Satria FU 2014 Jelang Cimahi Bandung: Balapan Bebek Super Seleksi ARRC 2015

 

 

BAGIKAN