nhk

Suzuki Let’s 2013, Original And New Design

 

 

ManiakMotor – Judul di atas adalah kalimat pendek yang sering disebut petinggi Suzuki. Original berarti asli, bro. Murni dari desain Suzuki soal matik retro. Tulen hasil karya terbaru era matik. Ya iya, motor baru kan.

Salah satu yang sering sebut begitu Akira Utsumi. Dia punya orang, President Director PT. Suzuki Indomobil Sales (SIS) dan PT. Suzuki Indomobil Motor (SIM). Asli itu jabatannya. “Suzuki Let’s adalah matik fashion sporty, buat anak muda yang aktif,” kata Akira dalam launching Suzuki Let’s, 30 Oktober 2012, di Swiss Bel-Hotel, kawasan Mangga Besar, Jakarta Pusat.

Mosi-mosi. Sssst tenang! Let’s dalam berat kosong lebih ringan 4 kg dari yang sekelasnya. Jangan anggap sedikit dengan selisih itu. Akan jadi banyak bila hitungan perjalanan berkilo-kilo meter. Coba saja sampeyan bawa beban 1 kg di tangan. Akan makin butuh energi bila perjalanan jauh, dibanding yang lebih ringan.

Sama juga dengan mesin. Efeknya bukan hanya pada energi bahan bakar. Tetapi juga pada suku cadang. “Dengan efesiensi bobot, spare parts bekerja lebih ringan, hasil akhirnya adalah hemat. Terutama lagi, juga kaya akan gerak. Inilah yang disebut original and new dsign,” tambah Yoan Yahya, 2W Marketing dan Bussines Development SIS.

Betul juga tagline Suzuki Let’s, yaitu Let’s Sportytude yang menyoal sikap pemuda. Sporty scooternya, bukan hanya penampilan, tetapi juga sikap. Sikap yang riang ala sport, adalah anak muda yang kayak gerak. Dengan bobot yang minim, itu Let’s lebih agresif yang pas buat anak muda aktif. Begitu kira-kira maksudnya, brosist.  

Seperti suasana launching Let’s yang dihadiri pemuda dan pemudi  masa kini. Mereka baru saja melakukan sumpah kemarin. Ada atraksi freestyle bola, freestyle dance, sporty fashion show dan penampilan grup musik Soul ID. Semua pemainnya anak muda, tampan dan cantik bro.

Bukan berarti ibu-ibu dan kakek-kakek dilarang beli. Weee, justru mereka dengan mudah mengendalikan ini motor. Kan riiiiingan, coy..! Kok jadi coy, biasanya brosist? Pokoknya begitulah. Sampeyan juga mengerti…

Mesin beda-beda tipis dengan matik umumnya. Rasio kompresi bermain 9;1, angka bore x stroke lebih banyak stroke (untuk torsi), torsi sendiri bermain di 6.000 rpm dan dihela 9 tenaga kuda. Tapi ingat, speksifikasi itu membawa bobot yang lebih enteng. Hasilnya adalah tenaga yang lebih berisi, bro. Ya, memang maniakmotor.com belum mencobanya. Tetapi namanya maniak, sudah maniak membaca speksifikasi. Ente belum tulis, ane telah baca. Becanda coy…

Cerita injeksi, Let’s juga pakai. Malah dia yang duluan di kelas retro matik. Lagi-lagi keunggulannya, soal enteng kerjanya, karena bobot Let’s cuma 90 kg. Makanya SIS menjamin dengan dana Rp 8.600 bisa sampai Bandung, bro. Bahkan itu tidak akan habis, sisanya masih bisa beli permen.  

Gambaran sistem bahan bakar injeksi yang disebut Suzuki Super Fi itu saat uji coba Suzuki Nex. Ini motor dipakai Jakarta-Bandung, habisnya cuma Rp 8.600 tadi. Sebab,  Let’s ini pakai mesin serupa, plus lebih ringan bobot. Terus, dijual dngan i dua segmen warnai. Sporty colour dan Premium colour. Harga beda sikit lae. Sporty OTR Jakarta Rp. 13.950.000. Sedang premium Rp. 14.150.000. Adib

MOTOR BARU LAIN:

Suzuki Let’s, Matik Retro

Suzuki Inazuma, Resmi Dujual Rp 46 Jeti

Yamaha YZF 250 R4 2013-2014, Katanya..!

Yamaha Xeon 2013, Injeksi, Bro..!

Honda Teralis 2013, Membaca Speksifikasinya..?


 

Spesifikasi Suzuki Let’s  
Mesin  
Tipe mesin: 4 langkah, 1 silinder, pendingin udara
Sistem katup: SOHC, 2 Valve 
Diameter x langkah: 51,0 X 55,2 mm 
Isi silinder: 113 cm 
Rasio kompresi: 9,4 
Tenaga maksimum: 9,4 PS / 8.800 rpm 
Torsi maksimum: 8,7 N-m / 6500 rpm 
Sistem bahan bakar: Fuel Injection (AC 22) 
Sistem pengapian: CDI 
Sistem starter: Elektrik dan kick 
Transmisi: CVT / V-belt 
Kapasitas tangki: 3.5 liter 
Sasis  
Suspensi depan: Teleskopik, per ulir, peredam oli
Suspensi belakang: Lengan ayun, per ulir, peredam oli
Rem depan: Cakram 
Rem belakang: Tromol 
Roda depan: 70/90-14 M/C 34P 
Roda belakang: 80/90-14  M/C 46P 
Velg: Casting Wheel 
Kelistrikan  
Aki: 12V (3,0 Ah) / 10HR 
Lampu depan: 12V 32W/32Wx1 
Dimensi  
Panjang: 1.845 mm 
Lebar: 680 mm 
Tinggi: 1,040 mm 
Jarak sumbu: 1,235 mm 
Jarak pijak: 135 mm 
Tinggi jok: 740 mm 
Berat kosong: 90 kg 

 

BAGIKAN