nhk

Suzuki Malaysia Tutup Produksi, Suzuki Indonesia Andalan SMC Jepang

suzuki-gsx-r-125

 

 

ManiakMotor – Peta pasar dunia membuat kebijakan Suzuki Motor Corporation (SMC) di Jepang makin dekat dengan Indonesia. SMC mulai membidik negara untuk produksi Suzuki 400 cc ke bawah. Bahkan diperbolehkan melakukan ekspor.

Dipicu pula sejak Agustus 2016, Suzuki Malaysia berniat menutup jalur produksi motor Suzuki untuk pemasaran di wilayahnya. Suzuki Malaysia memilih mengimpor produk dari Jepang. Penyebabnya, produksi motor kecil Suzuki di Malaysia saat ini kurang diminati. Konsumen di sana lebih memilih moge besar Suzuki.

Peralihan minat dari motor kecil ke moge Suzuki oleh konsumen Malaysia, karena didukung infrastruktur jalanan lebih lebar, rata dan mulus aspalnya. Kondisi di Indonesia memang lebih cocok untuk motor berkapasitas mesin kecil.

Situasi itu membuat  SMC beralih ke Indonesia. “Suzuki Indonesia memang berupaya bangkit di tahun 2016. Nah kesempatan dengan kebijakan SMC. SMC juga mengutamakan market share speda motor di Indonesia dengan jumlah 7 juta unit per tahun. Indonesia adalah asset bagi Suzuki Global dan semoga perhatian SMC Jepang serupa dengan kebijkan ketika jaman keemasan Suzuki lalu,” jelas Yohan Yahya, Head Marketing Suzuki Indomobil Sales.

Saat ini, Suzuki Indonesia telah mengekpor Suzuki Addres ke Eropa dan Negara Asia. Sedangkan Satria FU 150, Young Star dan Shotter masih diekspor di kawasan Asia. Berarti akan ditambah dengan GSX-R 125 atau bahkan kapasitas 250 cc. MM

BAGIKAN