nhk

Suzuki Raider 115Fi, Masih Mesin Tiduran SOHC, Bukan Seperti FU150 DOCH Yang Tegak..!

 

ManiakMotor – Hanya sokbreker depan bedanya dengan bebek-bebek umumnya di Indonesia. Suzuki Raider J 115Fi yang disebut-sebut adiknya Suzuki FU150 ini, selebihnya sama.  Sokbreker belakang stereo, mesin tiduran dan masih SOHC dengan golongan 115 cc. Agak sulit dibanding-bandingkan bila ia adik kandung dari FU150, apalagi disebut anak. Adik tiri, kaleee

Jelas saja, performanya akan jauh dengan FU150. Sulit disama-samakan dengan arugemen teknik, paling tidak dari logikanya oleh portal ini. Lha wong mesin saja berbeda dengan FU.  FU itu DOHC alias double over head chamsfat. Ada dua kem di kepala silindernya yang memerintah empat klep untuk menajemen gas masuk dan buang.

Sedang Suzuki 115Fi masih satu kem yang cuma memerintah dua klep dari SOHC alias single over head chamshaft. Ya, seperti bebek-bebek umumnya di Indonesia yang mesinnya ke depan atau tiduran yang berbeda dengan FU yang tegak. Jadi tidak apdolah disamakan dengan FU, nggak nyambung.

Kan kalau disebut adik langsung, adalah sama-sama mesin tegak dan DOHC yang hanya beda kapasitas. Ngomong mesin tegak saja, sudah sulit menyamakan karakter tenaga dengan mesin tidur. Jangan lebar-lebar soal efisiensinya pembakarannya. Lewat desain leher kenalpot dari mesin saja, sudah beda karakternya antara yang tidur dan tegak.  

Seperti disebut tadi, bedanya hanya fork teleskopik panjang di depan. Ini hanya ganti isi komstir bersama segitiga fork FU. Juga yang sama adalah bodi depannya dan lampu. Bodi belakangnya beda, karena tidak pakai monosok. Ya, begitulah yang mereknya Suzuki tapi bukan adik kandung FU.  MM

 

 

BACA JUGA

Yamaha R25; Mesin DOHC, Busi Di Tengah, Terobosan Yamaha Indonesia

Launching Moge Yamaha 2014; Lengkap Dengan Harga, Tapi Bukan Harga Yamaha R25, Bro

BAGIKAN