nhk

Suzuki RM-450Z 2018: Tenaga Bawah Galak, Sumbu Roda Lebih Pendek, Nikung pun Ueenak

Suzuki, RM450Z, lead MX 2018
Bobot lebih ringanm diklaim lincah manuver di tikungan

ManiakMotor – Suzuki baru saja memperkenalkan RM-450Z 2018, model motocross yang mendapat sentuhan di tiga sektor. Mulai dari sasis membuatnya lebih ramping, mesin diklaim lebih bertenaga, dari bodi sehingga ditunggangnya enak bangat. Termasuk kontrol traksi ikut diperbarui.

Mulai dari mesin, sasis, sokbreker, dan bobot mendapat sentuhan

Mari kita lihat bagian perbagian, dimulai dari sasis. Sama sekali baru dan lebih ringan 700 gram dari model sebelumnya. Termasuk lengan ayun, disebut lebih enteng 100 gram. Sedangkan subframe punya struktur heksagonal membuat tampilan lebih ramping dan lebih ridig. Dari revisi ini memberikan manuver di tikungan yang baik, stabil, dan nyaman lantaran daya serap yang tinggi dari sokbreker.

Saringan udara diperbesar

Lincah di tikungan, selain bagian tersebut di atas, dimensi sasis sendiri ikut disunat. Pengurangan sampai 15 mm menjadi 1.480mm, kemudian headstock digeser ke belakang 10mm dan setang dimajukan 7mm.

Tak cuma itu. Kinerja sokbreker depan ditingkatkan juga. Masih dipercaya Showa, tapi bukan lagi berisikan udara. Untuk yang baru ini modelnya pegas koil.

Meski sudah nyaman dan stabil, akan sia-sia jika tenaga memble. Suzuki sadar betul, tenaga yang besar dan akselerasi bagus sangat dibutuhkan. Karenanya, tenaga puncak mesin DOHC 499 cc berpendingin cairan sudah dinaikkan, termasuk low-end torsi ditambah, plus respon gas yang lebih baik.

Jarak sumbu roda lebih pendek, posisi setang dimajukan, menikung pun enak

Nah, perubahan ini setelah para insinyur Suzuki melakukan porting yang terhalus pada kepala silinder. Dimensi saringan udara diperbesar sampai 30%, profil cam intake untuk pengangkatan katup lebih besar, plus desain piston, pompa bahan bakar, throttle body, dan injeksi yang semuanya baru.

Hanya, tidak disebutkan, apakah RM-450Z ini sudah dilengkapi dengan elektrik starter seperti kompetitornya Yamaha. Kalo belum, sayang bangat. Soal harga masih rahasia dan bisa dibeli pada musim gugur. Maliq

 

BAGIKAN