nhk

Suzuki SW1, Vespa Jepang Yang Langka, Tak Kalah Sama Vespa Italia

Suzuki SW1, Vespa, Jepang lead

ManiakMotor – Legenda Vespa tidak pernah pudar sampai sekarang. Ternyata, Suzuki pun pernah memproduksi seperti model Italia itu pada 1992 dengan nama Suzuki SW1. Cuma untuk pasar domestik saja, sehingga tergolong sangat langka.

Dimensi lebih besar dari Vespa. Perhatikan kedua pelek dengan ban yang tinggi

Mungkin kita jangan bahas tampilan, tapi teknologinya dulu. Vespa Jepun ini mengusung mesin 4-Tak, silinder tunggal. SOHC, 2 katup berkapasitas 249 cc. Dengan rasio kompresi yang 9.0:1 menghasilkan tenaga maksimum 20HP pada 8000 rpm dan torsi 20Nm pada 5500 rpm.

Indikator masih analog. Pemindahan gigi menggunakan kaki. Pijakan kaki penumpang cukup lebar dan nyaman

Tenaga disalurkan melalui transmisi 5-speed dengan kopling basah yang multiplate. Menariknya, tidak menggunakan rantai melainkan pakai belt.

Dari segi dimensi, SW1 memiliki panjang 2014 mm dengan lebar 841mm, tinggi 770 mm dan wheelbase 1379 mm. Sedang ground clearence (jarak dari tanah sampai permukaan tertinggi di bagian bawah) 114 mm dan bobot 293 kg.

Terlihat lebih gambot dibandingkan sama Vespa. Untuk memberi kenyamanan

Ruang bagasi di bagian depan menyerupai tangki bensin. Tenaga disalurkan pakai belt dan desain knalpot gambot

berkendaraan, suspensi belakang ganda (dual shock), sedang depan telescopic, coil spring dengan rem cakram. Sedang belakang masih tereomol.

Menarik, desain indikator menyatu sama kunci kontak dalam satu rumah. Semuanya analog, mulai penunjuk kecepatan, volumen bensin, lampu sein dan lampu posisi gigi netral. Kemudian pada bagian depan sadel ada semacam tangki bensin, itu tak lain jadi ruang bagasi.

Silakan perhatikan gambar-gambarnya. Maliq

BAGIKAN