nhk

Symba, Penerus Honda Super Cub dari Jepang

 

ManiakMotor – Lahir dari ibu Jepang, sosok Honda Super Cub atau di Indonesia dikenal sebagai Honda Bebek, ketika pertama kali dipasarkan Agustus 1958 langsung bikin jatuh hati konsumennya. Bebek ini diproduksi di 16 pabrik yang tersebar di 15 negara guna memenuhi permintaan pasar hingga ke-160 negara. Rekor penjualannya mencapai 60 juta unit sampai 2008. Luar biasa, hebat!

Di Indonesia pun Honda Super Cub atau bebek produksi lawas lagi diburu. Model paling dicari adalah C50 dan C70. Selain mempertahankan desain aslinya, ada yang dimodifikasi dengan tampilan jok tunggal.

Makanya, ketika merayakan setengah abad (50 tahun) keberadaannya pada Agustus 2008, Honda Motor Co, Ltd menggandeng UNICEF menyelenggarakan Cinta Cub 50 sebagai bagian kontribusi terhadap masyarakat. Bos Honda Takeo Fukui mengucapkan terima kasih atas dukungan selama ini. “Super Cub terus maju untuk memenuhi kebutuhan dan referensi konsumen di seluruh dunia,” ucapnya.

Legenda Honda Super Cub kini diteruskan oleh SanYang Industri Co (Sym), perusahaan industri sepeda motor di Taiwan dengan lisensi Honda. Bermula pada 1961 sebagai perakit,  kini Sym sudah mandiri dengan memproduksi sendiri. Namanya bukan lagi Honda Super Cub, melainkan Symba, termasuk untuk pasar Amerika dengan menunjuk Carter Brothers sebagai distributor untuk negeri Paman Sam.

Komunitas Super Cub telah tumbuh di Negara – Negara seluruh dunia. Terutama di wilaya Taiwan sebagai penerus kejayaan Super Cub. Symba menggendong mesin 4-stroke 100cc dipasangkan dengan transmisi manual 4-speed dengan klasik Cub gaya kaki-actuated kopling / shifter mekanisme (kadang-kadang disebut sebagai transmisi ‘semi-otomatis’).

Agenda kegiatannya sering dipamerkan di lebih  60 Hotel, berupa varian modifikasi dari berbagai builder. Di Indonesia, saat ini produsen Gazgaz di pasuruan Jawa Timur mulai giat memproduksi mirip tipe cub ini. MM 

BACA JUGA 

Produk Baru : All New Honda CBR250RR Akan Ada Versi Model Lain 

Produk Baru : KTM Siapkan Adventure 800 Buat Libas Honda Africa Twin 

Produk Baru : Mio Z Baru, Warna Pilihan Konsumen 

Produk Baru: Kolaborasi BMW dan TVS, Hasilnya G310R Motor Termurah

 

BAGIKAN