nhk

Tahun Ke-15 Yamaha Indonesia Technician Grand Prix & National SMK Contest 2016

ManiakMotor – Kontes teknisi Yamaha se-Indonesia disebut Indonesia Technician Grand Prix (ITGP). ITGP kembali dihajat tahun ini dan berarti yang ke-15 sejak diadakan tahun 2000. ITGP g diselenggarakan di 34 Yamaha Training Center di seluruh Indonesia.

Lebih dari 10.498 teknisi Yamaha ikut serta dan 20 yang terbaik hadir dalam 2 hari pelaksanaannya pada 18 dan 19 Mei 2016. Mereka berkompetisi dalam 2 fase, yaitu tes teori dan praktek (penerimaan, troubleshooting dan penyerahan).

ITGP tahun ini mengambil tema Speed and Accuracy. Tema tersebut menggambarkan perkembangan teknologi saat ini yang menuntut kecepatan dan akurasi, maka pelayanan perbaikan dan perawatan sepeda motor Yamaha harus cepat serta memiliki tingkat akurasi yang tinggi. Kan sudah jutaan Yamaha yang beredar bro. Makanya kecepatan dibutuhkan, nggak boleh hanya benarin busi, kudu menunggu berjam-jam.

Saat ini Yamaha Indonesia tidak hanya memproduksi sepeda motor untuk pasar dalam negeri tetapi juga ekspor macam global model YZF-R25, YZF-R3 dan N-Max. Untuk membuktikan kualitas teknisi Yamaha Indonesia, ITGP 2016 kali ini menggunakan unit N-Max.

Kepuasan pelanggan segalanya dengan pelayanan after sales-nya terbaik. Untuk itu, teknisi sebagai garda terdepan. Dari 20 kontestan ITGP diseleksi menjadi 6 teknisi terbaik, yaitu juara 1, 2 dan 3, serta juara harapan 1 ,2 dan 3. Juara pertama akan diikutsertakan pada ajang yang lebih tinggi, yaitu “World Technician Grand Prix (WTGP)” atau “Kontes Teknisi Dunia” yang akan diselenggarakan pada bulan Oktober 2016 di Yamaha Motor Corporation (YMC) Jepang. Ini adalah gelaran kontes dunia untuk ke-7 kalinya. Teknisi Indonesia akan berkompetisi dengan teknisi-teknisi dunia dari lebih dari 20 negara di benua Asia, Eropa dan Amerika.

Beberapa kali teknisi Yamaha Indonesia menyandang predikat juara dunia.  Tahun 2007, pada ajang serupa (WTGP ke-4) yang diwakili oleh Dewa Putu Gunawirawan dari Bali dan Djarot Imam Kristanto dari Solo, secara berurutan memperoleh juara pertama. Disusul 2012 (WTGP ke-5), Sukrisna Beni dari Yogyakarta, berhasil meraih juara kedua. Kemudian tahun 2014 (WTGP ke-6), Asep Sumpena dari Bandung, sukses menjadi juara ketiga.

Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Contest

Bersamaan dengan kontes ITGP ke-15 , untuk kedua kalinya, Yamaha juga menggelar “National SMK Contest”. Sesi ini diikuti oleh seluruh SMK Kelas Khusus Yamaha. Ada 38 SMK dari seluruh Indonesia yang terpilih, setiap SMK mengirimkan satu siswa untuk mengikuti “National SMK Contest”. Mereka erlomba dalam 2 tahap, yaitu tes teori, tes praktek serta penggunaan Yamaha Diagnostic Tool.

”Peserta kontes SMK berasal dari program “SMK Binaan Yamaha” yang jadi bukti nyata kontribusi Yamaha pada masyarakat Indonesia. Ada lebih 3.500 lulusan SMK telah mendapat pelatihan teknologi otomotif Yamaha. Selain itu diadakan gathering para Guru SMK Kelas Khusus Yamaha dengan tema “Bersama Yamaha SMK Semakin di depan”, kata  M. Abidin selaku GM After Sales & Motor Sport PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM). Rilis Yamaha

 Juara Yamaha Indonesia Technician Grand Prix 2016 :

Juara 1 : Ferry Moniaga – Bengkel Sabang Raya – Area Jambi – Poin 891

Juara 2 : Agus Purnomo – Agung Motor – Bali – 844

Juara 3 : Junewi – Sentral Yamaha – Pontianak – 835

Harapan 1 : Saleh Bundu – PT Suraco Jaya Abadi Motor – Makassar – 801

Harapan 2 : Enjang Sopyan – Bahana Sukra – Bandung – 784

Harapan 3 : M.Rycko Arie Frandani – Sentral Yamaha – Medan – 782

 

Juara SMK Contest 2016 :

Juara 1 : Ipul Saipul – SMK Pertiwi Kuningan – Poin 711

Juara 2 : Adih Tia – SMK Lemah Abang – 686

Juara 3 : Ramadhana Bagus – SMK Negeri 1 Medan – 658

BAGIKAN