nhk

TDR Drag Bike 2013 Indramayu; Air Shifter Dan Setting Spuyer!

 

ManiakMotor Raceday Jupiter Z milik tim Harriot’s GM di Bebek Tune-Up 4-Tak 130 cc mampu pangkas 0,3 detik di TDR Drag Bike 2013, Indramayu, Jabar, 1 Desember 2013 ini, petanda Bebek 130 cc kembali menggebrak teknologi.  Sebelumnya kelas ini pernah diramaikan quick shifter oleh Mosik Prionggo dari Omah Mburi Racing Team, Jogja.

Berbeda dengan quick shifter yang masih perlu tuas persneliing. Dan sebenarnya kalau teliti, teknologi sudah diulas tuntas di portal ini. “Kolo air shifter pembalap tinggal pencet tombol setiap kali pindah gigi, dimulai ketika start pada 11. 000 rpm,” sebut  Kentardima, mekanik   Harriot’s seraya sebut ketika dipakai KTM SX250 bisa pangkas 0,2 detik, tapi barang itu hanya sekali dipakai. Wah…

Selain hal tadi, ada juga yang menarik tentang setting spuyer yang presisi di Indramayu ini. Yup, ketepatan menentukan ukuran spuyer yang terdiri dari main-jet dan pilot-jet adalah bagian dari kesuksesan podium. Di sini mekanik dituntut jeli  menentukkanan jetting sesuai dengan kondisi ideal campuran bahan bakar dan udara 1; 14,7.

Maksudnya 1 molekul bensin membutuhkan 14,7 molekul udara. “Metodenya bisa pakai Air Flow Ratio (AFR)meter atau pakai feeling dan kebiasaan juga bisa. Bedanya kan AFR meter lebih terukur dan akurat. Kalau feeling kan tergantung jam terbang dan mood mekanik,” nilai Kentar yang diamini AB Bendol dari MC Racing

Kentar dan Bendol pakai metode yang beda. Kentar misalnya bila pakai AFR meter tinggal setting di angka 14,7. Dari situ nanti ketahuan pakai berapa pilot-jet dan mainjet yang sesuai cuaca sekitar. Seperti pada Jupiter Harriot’s di Indramayu ini, Kentar memasang pilot 60 dan main115, sesuai permintaan AFR Meter.

Sedang Bendol masih melihat  gejala pada mesin. Misalnya pada saat stasioner rpm tidak stabil dan mesin berlari tersendat, ia hanya mengatasi dengan menyeting ulang sekrup udara searah jarum jam. Ia amati, bila jarum baru diputar ke kanan langsung mati, ya, pilot kebesaran. Sebaliknya begitu. “Digas penuh sebelum gas habis tapi sudah mbrebet ya, main-jet kebesaran. Makanya saya pasang  karbu PWK 41 dengan mainjet 165 dan pilotjet 55. Bila komposisi ini belum cukup, saya mainkan lagi dari jarum skep,” kata Bendol. 

Teknologi vs feeling nih. Ardel

BACA JUGA

Hasil Drag Bike Indramayu (TDR), Jabar, 1 Desembar 2013

TDR Drag Bike 2013 Indramayu; Eko Chodox 7.154 Detik, Penyisihan Sport 2-Tak 155 Tune-Up!

Drag Bike TDR Indramayu 2013; Karisma VS Air Shifter Bebek 4T 130 cc, 350 Starter

TDR Drag Bike 2013 Indramayu (Jelang); Diameter Venturi Karbu Ditambah, Rasio Dibikin Panjang..!

TDR Drag Bike 2013 Indramayu (Jelang); Tabrakan Purbalingga dan Bali, Bowo Janji 7 Detik Ninja Tune-Up!

 

BAGIKAN