nhk

TDR Drag Bike 2014 Senayan: Matic/Matik 200 CIbef Pakai Rasio Lebih Berat

 

 

ManiakMotor – Hujan masih turun di final Matic TuneUp s/d 200 cc di Parkir Timur Senayan, Jakarta Selatan, 12 Januari 2014. Ini lokasi  berlangsungnya TDR Racing International Drag Bike Championship 2013. Kelas ini termasuk ditunggu karena juara serinya akan dikirim untuk balap di Thailand.

 

“Ketika tahu hujan terus turun, saya langsung ganti rasio. Kan rasio CVT yang disebut gir pada main shaft dan counter shaft yang lebih berat dari 15/39,” ujar Yong Mustofa selaku mekanik sekaligus pemilik tim Yong Motor TRD JFK Motorsport.

Yong menutup mulut angka berapa yang dipasang di Yamaha Mio pacuan Cibef. Yang pasti langkah tersebut diambil agar motor tidak liar saat start, kan lebih berat yang membuat putaran awalnya lebih lambay. “Ini sama sekali tidak merubah settingan lainnya, hanya tekanan IRC Eat My Dust di bagian belakang yang dikurangi menjadi 9 psi,” tukas Yong.

Saiful Cibef selaku eksekutor mampu meterjemahkan settingan Yong dengan pelintiran gas yang pas ketika start. Ia memanteng putaran mesin lebih rendah. Di saat sama juga dibantu dengan rem belakang saat start. Jadi seperti motor dikopling.

“Rem ditarik dulu kemudian dilepas bertahap sesuai laju motor,” kata Cibef yang katika hujan baru benar-benar buka full gas di titik 40  meter sementara ketika kering, jarak 25 meter throttle gas sudah dibuka penuh. Adit

BACA JUGA

Hasil Drag Bike TDR Senayan, Jakarta, 11 – 12 Januari 2014

TDR Drag Bike 2014 Senayan; Bebek 200 Cebonk Berenang, Duel Sesama Kolor Ijo

TDR Drag Bike 2014 Senayan: Trik Joki Saat Hujan

TDR Drag Bike 2014 Senayan; Baru Penyisihan Bebek 200 Cc 7.4 Detik

TDR Drag Bike 2014 Senayan, Aturan Ketat, Peserta Mulai Terbiasa

 

 

 

BAGIKAN