nhk

Teknis, Ban Medium Belakang Rossi Lebih Rusak Dari Soft Marquez Di Sachsenring 2018, Kenapa?

ManiakMotor – Elektronik di MotoGP salah satunya mengatur kontrol traksi yang berkaitan dengan akselerasi. Walau pergelangan pembalap memecutnya kasar, elektronik pada girboks yang akan sesuaikan tekanan roda dengan aspal. Jika mapping elektroniknya nggak ketemu, kembali pada trik pembalap memainkan throttle atau selongsong gas, agar bisa kelola ban sampai finish.

Kemungkinan kontrol traksi elektronik M1 Valentino Rossi sesuai keluhannya belum sempurna, maka membedakan penggunaan ban belakang dibanding milik Marc Marquez seperti pada foto yang lagi viral. Rossi menggunakan ban medium dan Marquez pakai soft, kok malah lebih rusak milik Rossi yang lebih keras? Prakteknya harusnya ban lembut Marquez yang kusut setelah finish.

Tapi sodara-sodara, itu baru sisi elektroniknya. Yang menurut Rossi, Honda sudah maju selangkah pada bidang ini. Akselerasi Honda dengan kontak ban ke aspal sangat serasi. Tidak ada spin atau roda berputar di tempat saat akselerasi berlangsung. Hasilnya tenaga terpakai semua sesuai kontak ban, umur ban juga awet.

Berbeda dengan M1 Rossi, spin banyak terjadi, maka ban akan over heat atau suhunya meningkat. Akibatnya kompon malah jadi lembek walau pakai medium. Hasil akhirnya, seperti di foto tersebut. Kompon meleleh dan kusut. Padahal dari segi menggeber, Rossi  lebih halus.

Kompon seperti pada foto juga tidak melulu elektronik kontrol traksi. Setelan suspensi juga ngaruh. Bagian suspensi di belakang adalah sub-frame (sasis belakang), lengan ayun dan monosok itu sendiri. Juga, wilayah ini untuk penyetingannya diawasi oleh sensor-sensor elektronik. Dari besaran akselerasi saat monosok bekerja bisa dipantau dari situ. Elektronik juga, ya!

Kerusakan ban seperti M1 Rossi itu, bisa saja dipengaruhi suspensi. Macam cerita Rossi yang Sabtu di Jerman mereka membangun set-up pada balance M1. Salah satunya setelan dari suspensi dan setelan bodi keseluruhan.

Ada lagi, di saat bersamaan Jorge Lorenzo yang menggunakan ban belakang medium sama dengan Rossi, juga ngedumel. Padahal elektronik Ducati disebut Rossi sudah setara Honda. Di akhir-akhir lomba Lorenzo kehilangan grip sangat besar dari roda belakangnya yang pakai ban medium. Spinnya muncul pada 15 lap terakhir.

Karenanya, kerusakan ban di roda belakang Rossi lebih parah dari Marquez yang soft, harus menunggu pengumuman dari Michelin. Bisa salah ramu formula ban. Juga menunggu keterangan dari Honda yang nggak mungkin diumumkan dan Yamaha, hehe. Tapi buat M1 Rossi kalau itu elektronik, ya bangun terus sampai awet terhadap ban. Miolo

BACA JUGA

Sejarah Michelin, Punya Ban Gaib Buat Marquez, Soft Lebih Kuat Dari Medium Rossi Di Sachsenring 2018

Paruh Musim MotoGP 2018: Marquez Lima Kali Menang, 2 Runner-Up dan 2 Nol Point

Terkuak..! Jaga Marquez Membelot, HRC Ingin Jago Lain Geber Honda, Lorenzo Siap MotoGP 2019-2020

 

 

 

BAGIKAN