nhk

Tes Jerez MotoGP 2017 : Vinales Suka Sasis Baru, Le Mans Pembalasannya

Vinales, Motogp, tes Jerez

ManiakMotor – Dalam tes di Jerez (8/5), tim Yamaha coba menerapkan settingan yang beda. Rossi minta setelan konvensional yang hasilnya bikin dia pusing. Sedang Vinales dikasih setelan seperti di hari perlombaan, justru pembalap Spanyol punya kecepatan kompetitif dan jadi yang tercepat dengan 1:38.635 detik, unggul tipis sama Marquez 0.002 dan 0.081 detik dengan pemenang di Jerez, Pedrosa.

Vinales melahap 84 lap dengan sampel set-up baru, sasis baru dan ban depan kaku. Kondisi ini sangat beda sama Rossi. Keanehan pun didapati pembalap 22 tahun itu bahwa daya cengkeram trek  secara misterius lebih baik. Padahal, suhu udara saat tes sama ketika balap.

Beberapa pembalap, termasuk Bradley Smith beralasan, kurangnya cengkeraman di trek saat lomba karena adanya bekas ban dari moto3 dan moto2. Bagaimanapun, Vinales memperkirakan ban Michelin salah.

Dalam tes ini, Vinales melakukan simulasi balap dengan menempuh 10 sampai 12 lap. Kondisi motor, setelan dan ban sama, plus tangki bensin penuh. Hasilnya, sangat beda dan bisa lebih cepat. Kemarin (saat balapan) di lap 16 waktu 1:41.9, sekarang (tes) di lap yang sama 1:40.8.

“Setelah itu, kami coba sasis baru, teernyata tidak begitu buruk dan ada beberapa poin positif saya suka,” jelas Vinales. Ia sangat terkesan dengan kerangka baru, sedang rekannya Rossi tidak terlalu terkesan. Soal ban, Vinales lebih suka seperti di Argentina dan ketika tes di Le Mans.

Mengenai balapan di Le Mans, Vinales mengaku sudah siap. “Kita tinggal coba memperbaikinya. Harapan saya, semoga cuaca bisa tetap bagus,” pungkas Vinales. Rezki

BAGIKAN

Warning: A non-numeric value encountered in /home/maniakmo/public_html/wp-content/themes/Newspaper/includes/wp_booster/td_block.php on line 353