nhk

Tes Moto-E Jerez 2019: Paddock Kebakaran Hebat, Peralatan Moto-E Dan 20 Motor Hangus

ManiakMotor – Perhelatan balap motor listrik yang disebut Moto-E akan gagal 2019 ini. Saat tes 12 – 14 Maret 2019 di sirkuit Jerez, Spanyol, terjadi insiden serius. Tepatnya kebakaran yang terjadi pada pukul 12:45 waktu dini hari di sirkuit Jerez pada 14 Maret atau jelang hari terakhir tes Moto-E.

Yang terbakar adalah tempat peralatan pengisian energi an peralatan canggih motor Moto-E. Bahkan diberitakan 20 motor Moto-E yang dproduksi oleh Energica Evo Corsa-Motorräder ludes semua. Termasuk di dalamnya pelatan tim yang terpusat pada satu tempat.

Semua peralatan Moto E hangus

Api katanya dengan cepat menyambar baterai Moto-E yang ratusan kg untuk setiap motor yang ada di paddock. Kebakaran menghebat dan sulit dipadamkan. Kebakaran masih diselidiki. Yang jelas, kerugiannya jutaan Euro. “Kerugian sangat besar. Bayangkan untuk satu motor saja butuh 35.000 Euro. Belum peralatannya,” hitung  dan keluh kepala tim Intact Jürgen Lingg.

Seri pertama Moto E akan dilangsungkan pada 5 Mei. Agak susah, karena tidak akan mungkin untuk menghasilkan 18 hingga 20 motor hanya dalam sebulan lebih. Terutama memproduksi baterai 100 kg per motor. Sedang Energica adalah produsen yang belum terlalu besar dan peralatannya tergantung pemasok yang diproduksi perusahaan rekanan.

Lagi pula, FIM, IRTA dan Dorna tidak dapat menjamin bahwa kebakaran seperti di Jerez tidak dapat terulang? Kan masih diselidiki. Untung saja saat terjadi kebakaran, paddock sedang sepi dan tak ada korban, coba lihat video-nya di sini. Macam mana jika terjadi saat lomba? MM

BACA JUGA

FIM Merilis Hukuman Banding Kasus Aerodinamika Ducati Diterbitkan Sebelum MotoGP Argentina 2019

Jelang MotoGP Argentina 2019: Lorenzo Cidera (Lagi) Pada Tulang Rusuk Kanan

Pasca MotoGP Qatar 2019: Mendingan Rossi Dari 14 Jadi Ke-5, Vinales Grid 1 Jadi Ke-7

Pasca MotoGP Qatar 2019: Strategi Ducati Lewat Dovi Paling Tepat, Tak Perlu Kebut-Kebutan Saat Tes

 

BAGIKAN