nhk

Tes MotoGP 2017 (Jelang Phillip Island): Kasihan Rossi, Yamaha Inginkan Vinales Juara?

Rossi, Yamaha M1, Gelar 2017

ManiakMotor – Yamaha sangat ingin Maverick Vinales menjadi juara dunia tahun ini. Indikasi ke arah itu jelas sekali. Hubungan pembalap Spanyol dengan Rossi dibikin ‘gerah alias dingin’. Percikan pertama terlontar dari mulut Direktur Sport Yamaha Maio Meregalli bilang Rossi di belakang Vinales.

Nah, sulutan kedua datangnya dari kepala kru Vinales, Ramon Forcada. Ya, jelaslah, bekas kepala kru Lorenzo ini pasti bela Vinales dengan cara usik mental The Doctor. Lantas apa sentilannya pada Rossi?

Dia bilang, Rossi ingin meraih juara dunia ke-10 bukan “obsesi” untuk tim Yamaha MotoGP. Italia itu terus jadi runner-up di tiga musim terakhir, lalu kalah kontroversial sama Lorenzio di 2015. “Sekarang, dia punya rekan setim baru sudah menunjukkan kehebatannya,” ujarnya.

Orang Jepang sangat apatis, lanjut Forcada. “Mereka ingin menang dan harus bisa mengalahkan musuh nomor satunya adalah Honda. Itu rival besar mereka. Ini adalah tujuan utama, yang mana peran pembalap sedikit penting,” tegas Forcada.

Kalaupun Rossi berhasil memenuhi ambisinya, buat Yamaha bukanlah kejutan. Tapi, lebih sebagai catatan sejarah dan penting untuk kejuaraan serta balapannya itu sendiri. Sedang buat Rossi tentu prestasi besar lantaran sudah dinanti-nanti setelah yang terakhir diorebutnya pada 2009.

Saat balapan resmi nanti, kata Forcada, Vinales memiliki status sama dengan Rossi. Divisi pemasaran Yamaha dan pimpinan proyek hanya menginginkan juara dunia dan menang balapan, termasuk apakah itu dari tim satelit. Rezki

 

BAGIKAN