nhk

Tes MotoGP 2017 Qatar (Jelang): Maverick Butuh Data M1 Lorenzo, Tinggal Adaptasi Dua Hal

Yamaha, Maverick, Qatar

ManiakMotor – Dari tiga sesi tes musim dingin, tinggal satu belum dijalankan di sirkuit Losail, Qatar (9-10 Maret 2017). Nah, pada dua tes sebelumnya, masing-masing di Sepang dan Phillip Island, pembalap Yamaha Maverick Vinales menjadi yang tercepat. Termasuk di Valencia, Spanyol akhir tahun lalu. Apakah ia sudah merasa puas?

Menurut Vinales masih ada yang perlu dimatangkan lagi antara dirinya dengan M1. “Saya harus beradaptasi dengan elektronik dan pengereman,” sebut MV yang pindah dari Suzuki difavoritkan calon juara.

Poin pengereman, katanya sangat penting, terutama pada lap terakhir kala jadi penentuan. Di area ini, MV mengaku belum menguasai seratus persen. Ia lantas membandingkan sama Suzuki yang ngeremnya sangat terlambat, sementara dengan M1 tidak bisa dan harus lebih awal dan baru buka gas perlahan. Jorge di sini sangat cepat.

Makanya, MV sangat butuh mencopy data Jorge Lorenzo. Apalagi mesin M1 berpotensi menang dan itu sudah disaksikannya di Valencia saat JL memenangkan balapan. “Jadi, saya harus menggunakan setelan yang sama dan beberapa tikungan yang dapat saya salin,” tegasnya.

Wilco Zeelenberg selaku kepala tim MV tidak meragukan akan kehebatan dan kemampuan pembalapnya. Dari pengalaman tiga kali tes, ia memuji MV yang sangat cepat apa yang dia inginkan, sehinggga membuat tim bekerja maksimal.

“Jorge punya gaya balap yang lebih spesifik. Kurvenspeednya sangat tinggi dan tidak langsung memperlambat begitu telat. Ia juga menggunakan berat badan dengan sangat baik. Jadi, ketika tiba di Qatar nanti, kita sudah punya kecepatan yang baik,” tutup Wilco soal jokinya. Rezki

 

BAGIKAN