nhk

Tes MotoGP Australia 2017: Marquez Puas, Terobosan Big Bang Didapat, Meski Belum Tercepat

Marquez, Honda, BigBang, Phillip Island

ManiakMotor – Marc Marquez merasa puas tes sesi kedua di sirkuit Philip Island selama tiga hari (15-17/2). Meski kalah cepat sama pembalap Yamaha Maverick Vinales dua hari terakhir, katanya Honda telah membuat terobosan dengan mesin Big Bang.

Diakui oleh MM, pada dua hari pertama tes, dirinya sempat prihatin atas karakter mesin dan perilaku elektronik yang tidak sinkron, terkadang sama gas, ban, dan mesin. “Setiap hari saya menceritakan hal yang sama kepada kru, kita kehilangan sesuatu pada elektronik, pada mesin,” kenang MM usai tes.

Makanya, kemarin ia bekerja maksimal untuk bisa menemukan ‘penyakit’ mengesalkan itu. Tidak tanggung-tangung, 107 lap dihabisinya. Ini sekaligus, tegasnya menjawab tudingan Rossi kalo saya sengaja menahan power. “Jika saya menahan, tidak mungkin melahap sebanyak itu,” urainya.

Bukti, Honda sudah bisa mengatasi mesin, jumlah lap pada hari terakhir ditempuh lebih sedikit, 96 lap. Dikatakannya, ia dan Honda telah membuat terbososan dengan paket 96 lap. “Utamanya, jelang sore kami meningkat cukup banyak. Ini berkat melakukan perubahan besar di pagi hari dan terus mencoba sampai siang,” ungkap MM tanpa menyebut perubahan itu.

Pada hari ultahnya yang ke-24 hari ini, MM senang lantaran tim mulai memahami apa yang diinginkan dirinya, khususnya sama mesin. Jadi, saat tiba di Qatar nanti sudah punya dasar yang baik. Selamat ultah MM. Rezki

BACA JUGA

Hasil Tes MotoGP Philip Island, Australia, 15 – 16 – 17 Februari 2017

BAGIKAN