nhk

Tes MotoGP Brno 2017: Marquez Dan Dani Jajal Komponen Baru, Atasi Kelemahan RC213V

ManiakMotor – Setelah Yamaha, kini Honda menjajal sasis baru. Marc Marquez dan Dani Pedrosa menunggang RC213V dengan kerangka baru saat tes hari pertama di sirkuit Drno, Ceko, kemarin (17/8). Selain kedua pembalap, juga tampak ada di lintasan pembalap satelit LCR Cal Crutchlow.

Sasis baru tersebut, katanya untuk mengurangi masalah akselerasi yang suka dikeluhkan Marc dan Dani. Meski Marc memimpin klasemen sementara, tapi pada trek tertentu RC213V bermesin Big Bang suka lamban akselerasinya.

Namun Rossi memuji Marc mampu mengatasi kelemahan itu dengan caranya. Pembalap Spanyol tersebut coba mengkompensasi kelemahan itu dengan mengambil lebih banyak risiko di bawah pengereman. Akibatnya, kecelakaan pun dialami Baby Alien di trek tertentu.

Jumlahnya tidak kepalang tanggung sampai 12 kali. Paling banyak dialami di Catalunya sejak FP 1 sudah menyerosot di aspal. Kemudian berlanjut lagi di kualifikasi pertama sampai tiga kali. Saat lomba pun ia pernah tidak finish di seri2 di Argentina dan Le Mans (Perancis).

Ya, mudah-mudahan dengan sasis baru ini, keluhan keedua pembalap teratasi. Berarti, tugas berat buat pesaing seperti Vinales, Dovi dan Rossi yang berada di belakang Marc. Rezki

BAGIKAN