nhk

Tes MotoGP Buriram 2018: Marquez Tahu Cara Pilih Fairing, Prdrosa Juga Cepat

ManiakMotor – Bukan hanya fairing yang membuat Marc Marquez mencetak best time di sirkuit Buriam, Thailand. Bila fairing itu menolongnya pada Sabtu 17 Februari 2018, ya juga. Kecepatan Marquez adalah kombinasi set-up RC213V Big Bang versi 2018.

Marquez menyebut, bila sayap-sayap fairingnya kebesaran juga nggak enak di Buriram. Katanya kalau down force terlalu kuat (sayapnya besar), justru belok-belok motor di tikungan menjadi lambat. “Jadi memang harus dicari fairing yang paling pas sesuai sirkuit,” sebut Marquez, joki satu-satunya yang mampu berlari di bawah 1 menit 30 detik di hari kedua testing Buriram.

Pembalap dari Spanyol yang membela Repsol Honda Team itu, juga sengaja melakukan banyak lap. Ada 97 lap yang ia lakukan dan lap 91 mencetak 1:29.969 yang membuatnya tercepat. Dengan banyak lap katanya, dia memahami sirkuit dan motor. Di saat sama sekalian menguji ban Michelin untuk Buriram.

Marquez malah bilang di hari terakhir Minggu nanti, dia masih akan banyak melakukan lap. Itu penting, bukan saja semakin hapal sirkuit tapi perilaku motor tadi. “Apa yang kami cari sudah mulai kelihatan dengan cara banyak lap tersebut,” yakin Marquez.

Rekan setimnya Dani Pedrosa juga kencang. Justru Pedrosa sejak awal sulit dikalahkan dari yang tercepat. Hanya Marquez itu yang berhasil melawatinya. “RC213V ini jauh berbeda dengan tahun lalu. Edisi sekarang lebih mudah saya bawa,” timpal Pedrosa yang juga di Sepang termasuk kencang. Miolo

BACA JUGA

Hasil Test MotoGP Buriram Thailand 16 – 18 Februari 2018

BAGIKAN