nhk

Tes MotoGP Buriram 2018: Set-Up M1 Rossi Gagal, Vinales Sikit Berubah

ManiakMotor – Tak satu pun kombinasi set-up pada dua M1 Movistar Yamaha MotoGP sampai sore gagal. Ada harapan dari Maverick Viñales pada Sabtu 17 Februari 2018 saat hari kedua testing di sirkuit Buriram, Thailand. Sedangkan Valentino Rossi mengaku tanpa hasil dari berbagai model set-up.

Dijelaskan oleh Massimo Meregalli, direktur tim yang dihuni dua pembalap itu, pembalapnya telah bekerja sesuai SOP. “Vinales baru ada perubahan pada sore hari. Sedang Valentino harus melanjutkan kerjanya pada hari terakhir. Di saat sama, tim juga sibuk dengan empat jenis ban yang diminta Michelin untuk dicoba,” alasan Meregalli.

Bayangkan M1 Rossi setelah mencetak catatan 1:30.888 pada lap 22 dari 65 pusingan tak ada perubahan apa pun. Itu sama dengan catatan Rossi didapat ketika pagi jelang siang. Dari sempat ke-8 akhirnya sampai sesi ditutup digser oleh lawan dan kawan ke-14 terpaut 0.919 detik dari yang tercepat. Itu sama dengan keluar dari 10 besar.

Rossi sendiri mengakui dia sudah coba berbagai metode set-up dan penggunaan suku cadang baru, namun tidak membuahkan hasil. Setiap perubahan setelan motor malah menjauh dari harapannya. Nggak cocok dengan gaya gebernya.

“Ada temuan-temuan baru, tapi saya kurang suka. Karena memang tak cocok dengan Buriram. Termasuk pemetaan elektronik yang tidak berjalan sesuai harapan. Tinggal mencarinya lagi di hari terakhir,” komentar Rossi yang kalau sudah ngomong begitu situasi memang genting.

Mirip-mirip dengan Vinales. Walau dia plong karena setelan motornya berubah di sore hari, tapi tersiksa dari pagi. Toh perubahan itu dianggap Vinales sebagai berkah. “Butuh waktu agar ngerti melarikan motor di Buriram. Sore mengubah beberapa hal, sepertinya itu petunjuk untuk set-up selanjutnya. Semoga jadi penuntun, karena lebih nyaman,” sebut Vinales.

Vinales dengan setelan tersebut bisa masuk ke-4 di lap 84 dari 90 lap. Berarti terjadi di sore hari. Tadinya Vinales berkutat di urutan 13. MM

BACA JUGA

Hasil Test MotoGP Buriram Thailand 16 – 18 Februari 2018

BAGIKAN