nhk

Tes MotoGP Catalunya 2017: Marquez Tercepat Pakai Ban Lama, Berharap Michelin Pertimbangkan

Marquez, tes Catalunya, MotoGP

ManiakMotor – Dibalik kebingungan soal ban tiga ban baru, finish kedua di MotoGP Catalunya hasil cukup baik, Minggu (11/6). Meski harus dibayar mahal sampai empat kali jatuh dan untung tidak cedera. Nah, dalam tes pribadi, hari pertama, kemarin pembalap Spanyol itu sudah bisa tersenyum dan tidak lagi bingung dengan ban.

Tes hari pertama di sirkuit Montmelo, Barcelona, Marquez menjadi yang tercepat dengan 1:44.071 detik. Best time itu diukirnya pada lap 81 dari 82 lap yang dihabisinya. Tidak ada keluhan soal mesin dan setelan.

Uniknya, ia tidak memakai ban baru asimetris khusus buat trek Catalunya. Keistimewaannya, dengan senyawa ganda berbeda bisa menghindari dinginnya ban, baik menikung ke kiri maupun ke kanan. Walau, pada kenyataan trek panas terik sampai 53 derajat celcius.

Marquez justru memakai ban simetris yang bikin pembalap 24 tahun itu tersenyum dan puas. Dikatakannya, RC213V jauh lebih stabil saat roda depan dan belakang pakai simetris normal.

“Saya mencoba ban simetris satu senyawa keras (hard) yang cukup keras. Eh, saya merasa hebat lagi di atas motor, terutama roda depan,” ujar Marquez. Dengan suhu udara 53 dipermukaan trek, lanjutnya justru motor jauh lebih stabil.

Bedanya sama asimetris itu, menurutnya, dengan punya dua senyawa yang berbeda (kiri dan kanan) ada koneksi di bagian tengah. Ini yang menjadi tidak stabil. Asimetris lebih cocok buat di Sachsenring (Jerman), Phillip Island (Australia), Red Bull Ring (Austria), dan Valencia. “Semoga Michelin mempertimbangkan kembali ban ini,” harap Marquez.

Namun, rekannya Dani Pedrosa yang juga menjajal ban simetris punya pandangan lain. “Tidak ada perbaikan dengan ban itu. Saya juga menguji ban Misano, tapi itu terlalu panas untuk dapat menarik kesimpulan,” tegas Dani yang dalam tes ini juga tersenyum karena sukses uji garpu depannya. Rezki

BAGIKAN