nhk

Tes MotoGP Catalunya 2017: Nah, Lo! Para Pembalap Keluhkan “Chicane”, Trek Tidak Nyaman

Pembalap masuk tikungan "chicane"

ManiakMotor – Ternyata, tak cuma Lorenzo yang mengeluhkan chicane baru yang terletak di sektor terakhir di sirkuit Catalunya, Spanyol. Seluruh pembalap berjumlah 10 orang berkomentar sama. “Catalunya termasuk trek paling menyenangkan, kini justru tidak lagi dengan adanya revisi,” begitu suara sumbang mereka.

Garis merah merupakan trek lama alias asli. Hitam hasil revisi seperti di tikungan 10 dan 13

Ditambahnya chicane di sektor terakhir sebagai upaya menekan kecepatan motor. Itu setelah insiden menewaskan pembalap moto2 Luis Salom tahun lalu. Dan tikungan “S” ini hanya untuk motogp saja.

Jadi sebelum masuk ke chicane, pembalap dihadang dulu di tikungan 10 yang sempit. Dan evaluasi awal dari chicane terakhir tidak positif. Jika sebelumnya ada dua tikungan cepat, kemudian menurun ke kanan yang dilewati dengan kecepatan tinggi.

Dengan adanya revisi berupa chicane, kecepatan pun jadi pelan dan badan harus merebah ke kanan dan kiri pula. “Kami melakukan mkebodohan di tikungan dengan sudut-sudut yang bodoh. Ini sungguh tidak menyenangkan,” tegas Aleix Aspargaro dari tim Aprilia.

Sam Lowes, rekan setim Aleix sudah seperti paranormal aja. Dia bilang, lihat nanti saat balapan, terutama di moto3 dan moto3 pada lap pertama akan ada pembalap yang tabrakan. Mari kita tunggu. Rezki

BAGIKAN