nhk

Tes MotoGP Catalunya 2017: Vinales Tes Komparasi Tiga Sasis, Fairing Baru, Bisa Tersenyum

Vinales, Tes Catalunya, MotoGP

ManiakMotor – Sama seperti Rossi, Vinales pun puas dengan hasil tes private, kemarin (12/6). Pembalap Spanyol 22 tahun ini dapat tugas cukup berat, tes dua sasis baru, sasis modifikasi, fairing, dan beberapa setelan. Malah, hari ini (13/6), pemimpin klasemen sementara dengan 111 angka itu harus menjalani tes komparasi.

Makanya, dalam tes hari pertama Vinales menghabiskan 81 lap. Satu lap lebih sedikit dari Marquez yang menjadi tercepat. Sedang dirinya tercepat kedua kalah 0.366 detik dari pembalap Honda dengan rekor 1:44.071 detik.

Ini fairing baru Yamaha M1

Kendati kalah sama Marquez, catatan waktunya bisa dibilang konstan 1:45 antara lap 20-25. Terendahnya, antara 1:46 – 47 dan hasil itu lebih baik dibanding saat balapan. Malah ia bisa mendorong M1 di atas batas lantaran kepercayaan dirinya membaik dibanding balapan yang sampai frustrasi.

Sama seperti Rossi, Vinales juga dikasih sasis baru. Malah, sama Yamaha dirinya disuruh menjajal kedua sasis anyar sebagai komparasi. Kalau yang diuji kemarin, katanya belum banyak membantu secara total, hanya pada bagian lain. Malah ia mengaku lebih yakin sama versi modifikasi, khususnya fairing baru dengan desain ventilasi lebih banyak. Tujuannya jelas, mengejar daya cengkeram.

Hasil tes di Montmelo sangat penting untuk putaran kedelapan di Assen, Belanda, dua pekan lagi. Di Assen, M1 lebih banyak wheelie. Makanya, fairing baru sangat menolong. Tergantung hasil tes hari ini yang dikombinasi sama sasis baru lain dan versi modifikasi. Rezki

BAGIKAN