nhk

Tes MotoGP Catalunya 2018: Marquez Justru Siap Dengan RC213V 2019

ManiakMotor – Apapun kata Marc Marquez soal RC213V hitam yang diuji di Catalunya, Spanyol pada 18 Juni 2018 adalah langkah maju. Di saat yang lain seperti contoh Yamaha masih berkutat dengan persoalan itu saja, Marquez sudah menggeber motor berbeda. Bisa saja untuk 2019.

Kendati motor masa depan itu dibantah oleh Marquez. Katanya saat testing itu memang menggunakan motor berbeda, namun bukan prototipe tahun depan, “Motor hitam yang saya pakai ini penyegaran dari versi 2018, tapi bukan RC 2019 untuk ukuran sekarang. Memang ada perbedaan spesifikasi dengan seperti saya pakai di lomba, terobosan itu cukup menarik,” kata Marquez yang melakukan 88 lap di testing Catalunya.

Begini bro. Biasanya yang disebut prototipe 2019 sudah mulai dikembangkan di pertengahan tahun berjalan. Dan sekarang ini memang sudah waktunya untuk itu. Nggak heran, pemerhati mencurigai yang disetel Marquez di testing tersebut untuk motor 2019. Karena memang begitu adanya.

Nggak kaget juga menurut Marquez, bahwa RC213V yang digebernya seperti yang kedua di Catalunya masih lebih baik. Itu wajar, kan masih dalam pengembangan, waktunya masih panjang, “Kami masih dalam tarap mencoba untuk part yang akan digunakan ke depan,” tambah Marquez setelah didesak wartawan. Dia kelepasan.

Jelas juga yang dicoba Marquez adalah bodi, suspensi dan rangka untuk ke depan. Sebab mesin yang dipakai masih yang membawanya kedua saat di Catalunya. “Juga yang membuat yang tercepat justru motor kedua dengan paket elektronik yang berbeda. Saat itu saya menggunakan ban bekas,” cerita Marquez seperti mengingatkan lawan-lawannya.

Maksudnya dengan ban yang bekas pakai saja, dia bisa tercepat dengan 1:38.916 atau meninggalkan Andrea Iannone dengan 0.101 detik yang kedua. Dan itu dengan rekayasa mapping elektronik yang berbeda. Ya begitulah, Honda sudah mulai siap ke langkah berikutnya untuk tahun depan. MM

BAGIKAN