nhk

Tes MotoGP Jerez 2017: Waduh, Rossi Frustrasi, Ini Masalah Terbesar Pada M1

Rossi, Motogp, tes Jerez

ManiakMotor – Finish ke-10 bikin Rossi sangat kecewa. Namun The Doctor belum putus asa, juga belum putus nyalinya alias ciut. Malah, setelah melewati empat ronde, “si gaek” memvonis, M1 belum menyatu baik sama ban. Nah, dengan ‘segunung’ pengalaman, ia coba mengatasi kondisi itu pada sesi tes di Jerez, kemarin (8/5).

Soal konstruksi ban depan Michelin yang kaku, yang bikin diri Rossi menderita sejak balapan pertama, pada tes ini jadi fokusnya. Setelan yang radikal dipakai saat balapan minta dicampakkannya dan diganti sana settingan yang konvensional dan melahap 62 lap.

Hasil, cukup menyedihkan. Ia berada di urutan ke-22 dengan waktu terbaik  1:40.463 yang diukir di lap ke-22. Jauh dari rekan setimnya Vinales sebagai yang tercepat dengan 1:38.635. Rossi pun tampak frustrasi saat memperimbangkan jajal sasis baru dikombinasi dengan ban depan kaku yang pernah di tes di Valencia tahun lalu.

Akhirnya, ia pun tidak mendapatkan hasil yang diinginkan. Daya cengkeram yang baik pada roda depan di Jerez. Kebetulan permukaan lintasan Andalucia ini sedikit berminyak. Sebagai pembalap senior, ia tidak ingin menyerah.

“Kami mencoba sesuatu yang berbeda dalam settingan yang lebih normal. Terutama saat masuk tikungan. Sayang, komponen baru, juga sasis baru tidak bekereja lebih baik,” keluh Rossi. Masalah terbesarnya, tegas Rossi, M1 belum dapat ban yang cocok. Ini kendala terbesar. Rezki

BAGIKAN