nhk

Tes MotoGP Jerez Untuk 2017: Barbera Tercepat, Disaingi Anak WSBK, Iannone Belum Full

Test MotoGP jerez untuk 2017
ÿþ

ManiakMotor- Hari pertama tes private di Sirkuit Jerez yang berakhir Rabu (22/11) sore waktu Spanyol atau malam WIB berlangsung datar saja. Pasalnya, tak ada rider pabrikan Honda, Yamaha dan Ducati yang mengaspal. Maka, Hector Barbera (Avintia Racing) yang pakai Ducati GP16 pun tampil tercepat.

Tanpa MM dan DP yang diliburkan Repsol Honda, tanpa JL yang dilarang Yamaha ngetes Ducati, plus VR 46 dan MV yang main ke Sepang, praktis tes Jerez didominasi tim-tim independen. Pabrikan yang ikutan hanya Suzuki (Andrea Iannone dan tester Takuya Tsuda), Aprilia (Aleix Espargaro dan Sam Lowes), bersama KTM (BradleySmith).

Barbera tercepat dengan 1:39,614. Ke-2 dan seterusnya adalah Loriz Baz, Alvaro Bautista, Scott Redding, Aleix Espargaro, Michelle Pirro, Andrea Iannone dan Jack Miller. Dari deretan nama hanya Iannone yang punya ‘nama’ papan atas seperti tes di Valencia lalu dia ke-4. Karena baru hari pertama Iannone belum full, karena masih mencari data.

Karena tes berbarengan dengan anak-anak WSBK maka fastest lap ke-8 rider MotoGP itu diadu dengan superbike. Hasilnya, dua anak superbike mampu menerobos grup 10 Besar. Jonathan Rea yang geber Kawasaki nangkring di  urutan ke-2 tercepat dengan waktu 1:39,739detik yang artinya hanya selisih 0,125 detik dari Barbera yang pakai mesin MotoGP.

Chaz Davies (Ducati) pun ikutan nongol di urutan 10 mengalahkan Danilo Petrucci dan Karel Abraham yang juga geber Ducati beda spesifikasi. “Tercepat hari ini ya senanglah. Motor tak banyak berubah dari spek 2016. Hanya beda rem dan suspensi, tentunya juga beda setingan. Hasilnya hampir meningkat di semua area, terutama saat berada didalam tikungan,” komentar Barbera yang dalam tes valencia lalu finish di urutan 15.

So,kalau sekarang ia finish P1, ya wajarlah karena pemain MotoGP yang ikut tes Jerez hanya 15. Dicampur dengan 9 anak WSBK agar terkesan ramai hehehe. Andro