nhk

Tes MotoGP Philip Island 2017: Hari Kedua Aprilia Aleix Terbang Dengan Winglet

Winglet Aprilia 2017
Perhatikan winglet seperti kotak lampu itu

ManiakMotor – Beda sih, kalau ini sayap justru untuk menekan motor ke lintasan (downforce). Para desainer motor MotoGP nggak kehilangan akal untuk membuat sayap, setelang winglet eksternal dilarang. Mereka mengakali fairing menjadi kesatuan dengan winglet, agar disebut legal.

Kalau Suzuki begini

Hari kedua test MotoGP di Australia pada Kamis 16 Februari 2017, Aprilia dan Suzuki muncul dengan winglet di balik fairing. Disebut begitu, karena memang disatukan dengan fairing yang tujuannya sama dengan winglet lama. “Model fairing itu tidak buruk. Kami telah mencobanya di terowongan angin di Italia saat istirahat panjang lalu. Hasilnya mujarab buat downforce tanpa mengkorting kecepatan,” sebut Aleix Espargaro.

Wah jangan-jangan itu yang membuat Aleix bisa masuk 10 besar atau keenam di akhir test hari kedua. Katanya, bila fairing yang gambot di bagian depan karena di dalamnya ada sayap-syap tersembunyi malah merugikan untuk top speed, dia tidak akan menggunakannya.

Tapi faktanya, angin yang menekan bodi ke lintasan yang disebut downforce malah membuatnya mencetak 1:29.501 yang berada ke-6. Dia hanya tertinggal 0.654 detik dari yang tercepat. Lumayan buat Aleix dan Aprilia yang selama ini jarang masuk 10 besar.

Akan tetapi Aleix mengingatkan, Philip Island adalah sirkuit yang sangat cepat dan model tikungannya sangat mengalir. “Jadi faring ini harus diuji lagi pada sirkuit yang normal. Masih ada satu tes lagi penentuannya di Qatar yang sirkuitnya jauh berbeda dengan Philip Island,” pungkas Aleix. Ito

BACA JUGA

Hasil Tes MotoGP Philip Island, Australia, 15 – 16 – 17 Februari 2017

BAGIKAN