nhk

Tes MotoGP Portimão 2020: Lorenzo Hanya Geber M1 2019, Sudah Syukur..!

ManiakMotor – Jorge Lorenzo kembali menguji Yamaha M1 di sirkuit Autodromo Internacional do Algarve Portimão, Portugal pada hari ini Rabu 7 Oktober. Lorenzo lama sekali absen memainkan throttle motor MotoGP sejak tes Februari lalu di Sepang, Malaysia dengan M1 2019.

“Jujur sangat menantikan kembali dan merasakan motor MotoGP. Hampir sembilan bulan, tidak pernah duduk di jok motor MotoGP. Tentunya, ini akan sangat sulit membiasakan kembali dengan kecepatannya,” terang Lorenzo yang sangat  mensyukuri ikut test ini.

Walau awalnya katanya akan kesulitan, dia punya waktu dua hari di sirkuit baru Portimao, yakni 7 – 8 Oktober, “Karena lintasan baru dengan kontur turun-naik, jangan sampai bikin kesalahan bodoh sejak awal test,” tambah Lorenzo yang sudah berjanji di akhir-akhir test akan geber habis untuk laporan ke Yamaha yang membayarnya melakukan test.

Lorenzo memastikan akan menggunakan motor yang sama seperti tes Sepang. Artinya M1 2019. M1 2020 tidak keburu dibawa. Sasaran testnya penyesuian gearbox alias perbandingan gigi ratio yang pas dengan sirkuit Portimao. Tujuannya saat lomba nanti M1 yang digunakan joki-joki inti hitungan percepatan giginya sudah pas.

“Selain gearbox, juga semua tipe ban Michelin. Ini untuk mendalami ban mana yang terbaik untuk menyerang catatan waktu dan untuk lap yang banyak saat balapan pada kondisi  aspal Portimao. Yang terakhir bermain sikit-sikit pada set-up, lantaran set-up M1 2019 dan 2020 berbeda. Jadi memang lebih penting gearbox dan ban,” tegas Lorenzo.

Lorenzo saat dikipasi, bahwa bahwa Yamaha menyia-nyiakan potensinya, karena hanya membawa M1 2019, punya jawaban sendiri. Selain, situasi Covid-19 yang membuat gerakan serba terbatas, juga finansial.

“Saya yakin tanpa Covid-19, bisa saja M1 2020 bisa didatangkan. Saya tidak berpikir mereka (Yamaha) sengaja ‘menyia-nyiakan’ test driver. Itu tidak logis. Keadaan yang memaksa hanya membawa M1 2019,” tutup Lorenzo yang akan didampingi mantan kepala kru Valentino Rossi, Silvano Galbusera.

Eh terakhir, Lorenzo berharap masih bekerjasama dengan Galbusera tahun depan. Ada maksudnya, setelah gagal merapat ke Ducati, satu-satu pekerjaan jadi tester Yamaha, hehe. Dan menurut Lorenzo itu baru dibicarakan dengan Yamaha setelah test di Portimao ini.

Ya semoga sukses. MM

BACA JUGA

MotoGP 2020: Tes Portimao 7 Oktober, Rossi & Mir Bergabung Pakai Motor Produksi..!

Jelang MotoGP Le Mans 2020: Shinichi Sahara, ‘Mbahnya’ Korekan Suzuki GSX-RR Joan Mir..!

MotoGP Catalunya 2020: Harga Lorenzo Terlalu Mahal Buat Yamaha..!

Jelang MotoGP Misano-2 2020: Jorge Lorenzo Kembali Geber M1..!

 


Warning: A non-numeric value encountered in /home/customer/www/maniakmotor.com/public_html/wp-content/themes/Newspaper/Newspaper/includes/wp_booster/td_block.php on line 353