nhk

Tes MotoGP Qatar 2017 (Jelang): Capirossi Perkirakan Terjadi Sesuatu Marquez-Vinales, Rossi Mengintip

LORIS, MARC VINALES, QATAR
Saat di Phillip Island, Marquez nempel Vinales

ManiakMotor – Loris Capirossi, mantan pembalap motogp dengan jabatan baru sebagai Race Direction (Direktur Perlombaan) dari Delegasi Dorna dan tetap menjadi Safety Commission dan penghubung pembalap dengan Dorna-Michelin. Dengan kapasitasnya, Capirex – penggilan akrabnya – diminta pandangannya soal balapan musim ini.

Kata pertama yang dari mulutnya, hati-hati dengan Vinales. Ia termasuk pembalap cepat, tapi Marquez on the pole. Tidak seperti tahun lalu, kali ini Honda RC213V Big Bang lebih kencang dari tahun lalu. Di Phillip Island kemarin, keduanya sudah menebarkan benih persaingan. Sampai-sampai Vinales tidak melakukan simulasi balap karena dikuntit MM.

Capirex juga menyebut legenda Rossi akan memainkan perannya saat balapan. Soal Yamaha yang tercepat di Phillip Island, Loris mendefinisikan M1 itu sebagai motor jalanan. “Mereka pasti belum menunjukkan potensi sebenarnya dalam tes lalu,” sebutnya. Disingggung soal fisik Rossi yang lelah, ia tidak berpikir begitu.

“Vale adalah pembalap yang tenang yang tidak butuh mencoba untuk waktu yang cepat. Dia lebih suka mempersiapkan motor untuk lomba. Soal usia, tidak ada hubungan dengan fisik,” paparnya. Malah, lanjutnya, sesuatu bisa terjadi antara dua petarung (Marquez dan Vinales) dan Rossi akan memanfaatkannya.

Loris juga menyebut Ducati akan menampilkan sesuatu yang baru di Qatar. Ini tentu berkaitan dengan dilarangnya sayap eksternal. Pemakaian fairing ganda, sebut Capirex, diperbolehkan dan fairing baru akan muncul di Qatar (tanpa merinci, apakah saat tes atau balapan).

Ditanya, siapa yang difavoritkan pada lomba pembuka di Qatar? “Lorenzo akan sangat kuat di Qatar karena Losail merupakan trek yang sangat menguntungkan Ducati. Selain itu, Lorenzo juga terbukti cepat di masa lalu. Tapi, jangan dikesempingkan Dovizioso,” prediksinya. Rezki

BAGIKAN