nhk

Tes MotoGP Qatar 2017 (Jelang): Ditunggu Gebrakan Rossi dan Ducati, Keduanya Punya Kesamaan

Rossi Lorenzo, Qatar, Tes3

ManiakMotor – Tes motogp ketiga (terakhir) berlangsung di sirkuit Losail, Qatar mulai besok sampai minggu (10-12/3). Motor-motor mulai dilepas dari paddock pukul 16.00 waktu setempat (20.00 WIB) sampai 23.00 (03.00 WIB). Para tim dan pembalap sudah tiba di negeri kaya tersebut dan Valentino Rossi serta tim Ducati mendapat perhatian media.

Karena, keduanya memiliki kesamaan. Apa itu? Terutama dari dua sesi tes musim dingin 2017. Ketika di Sepang, Ducati Desmosedici GP17 menjadi tercepat, meski melalui tester Casey Stoner dan Dovizioso membayang di belakang. Sementara Rossi dengan Yamaha M1 cukup cepat.

Pindah ke sirkuit Phillip Island, Australia, M1 menjadi yang tercepat dilakukan oleh Maverick Vinales. Bertolak belakang sama Rossi, jaraknya dengan rekan setim cukup jauh. Bahkan tidak bisa tampil maksimal di hari terakhir lantaran, katanya sih kelelahan banyak komponen yang di tes. Hasil ini, tidak membuat skuad Yamaha khawatir karena mereka tahu karakter Rossi terhadap motor yang dimauinya.

Kondisi serupa juga dialami Ducati, baik Lorenzo maupun Dovi mati angin di Phillip Island. Larangan sayap betul-betul mengganjal keduanya tidak bisa melejit. Sulit menjinakkan GP17, terlebih Lorenzo yang harus banyak konsultaasi dan tanya kepada Stoner dan analis trek Petrucci. Sedang Yamaha, Suzuki dan Aprilia sudah memakai sayap internal, sementara teknisi di Bologna, Italia mengambil langkah-langkah berlawanan.

Nah, di Qatar ini jadi penentu bagi The Doctor maupun Ducati untuk bisa lolos dari kendala. Karena, keduanya punya track record baik di Losail. Dalam 4 tahun terakhir, Rossi mengemas sekali kemenangan dan dua kali finish kedua.

Bagaimana dengan Ducati? Dovi pun berhasil membuat langkap teratas dalam dua musim, termasuk di 2015. Iannone pun melengkapi keganasan Desmosedici dengan menampak ke podium. Berarti, tes terakhir ini menjadi jawaban akan kekuatan Rossi dan Ducati bersama pembalap barunya Lorenzo. Kita tunggu. Rezki

BAGIKAN