nhk

Tes MotoGP Qatar 2017 (Pasca Hari 1): Pakai Fairing Mirip Winglet, Marquez 2 Kali Jatuh

Marquez, fairing, qatar

ManiakMotor – Pantas Marc Marquez di tes hari pertama selama 7 jam hanya mengitari 39 lap, sedang Vinales 60 lap. Ternyata, andalan Repsol Honda itu terjatuh persis RC213V dikasih mini fairing yang menyerupai winglet tapi menyatu. “Ya, saya jatuh karena kehilangan bagian depan,” bilang MM. Tak cuma sekali, tapi dua kali, masing-masing di awal dan diakhir tes.

Honda merupakan produsen keempat yang mengakali sistem aerodinamis setelah winglet dilarang.  Setelah Yamaha dengan sayap internal, diikuti Suzuki, dan Aprilia. Hanya, Honda baru dipasang dadakan malam itu (setelah pukul 8 malam) sehingga tampak beda sendiri dengan livery bodi, yakni hitam.

Ternyata, MM kaget suspensi depannya tidak bekerja sempurna setelah mendapat beban ekstra oleh tekanan agin aerodinamis. “Ya, (fairing) mengubah sedikit setelan. Ketika saya naik tidak merasakan perubahan, tapi saat berhenti dan cek data, berubahnya cukup banyak, terutama masuk tikungan,” keluh MM yang sebelum pakai fairing baru sempat tercepat.

Pemakaian sayap ini, lanjut MM, tim coba mengeliminir soal roda depan terangkat sangat lama. Itu target utamanya, agar roda saat akselerasi tetap menjejak aspal. Dengan begitu  waktu akan bisa dibenahi.

Marquez tercatat pembalap keempat yang jatuh lantaran kelembaban trek. “Jatuh yang kedua adalah ‘klasik’ di trek ini. Jelang pagi, suhu turun dan kondisi yang tidak baik. Kita tahu, sirkuit ini salah satu yang paling sulit bagi kami dan Ducati sangat kuat,” papar MM.

Soal mesin Big Bang, ia merasa ada kehilangan sesuatu tapi sedikit lebih kurang dibanding tahun lalu. “Maksudku, antara mesin dan elektronik belum menyatu sempurna. Semoga tes hari kedua bisa lebih baik,” harap Marquez. Rezki

BACA JUGA

Hasil Tes MotoGP Qatar 10 – 12 Maret 2017

BAGIKAN