nhk

Tes MotoGP Qatar 2017 (Pasca Hari 2) : Dovi Akui Winglet Lebih Enak, Inspirasi Aprilia

dovi, fairing baru, Qatar
Fairing baru model F1 terlalu melebar

ManiakMotor – Akhirnya, Ducati menampilkan fairing baru seperti diprediksi portal ini. Tapi, tidak pada kedua motor mereka, percobaan dilakukan pada motor Dovizioso dan itu pun di hari kedua (11/3). Bagaimana hasilnya dan seperti apa komentar Dovi pada winglet internal yang kalau diperhatikan mirip lubang lampu pada fairing harian.

Sebelum menyimak hasil dan komentar, mari kita lirik fairing tersebut. Beberapa media online motogp menyebut, para insinyur di markas Borgo Panigale, Italia menciptakan fairing sebagai solusi penghapusan winglet, terinspirasi dari model Aprilia. Hanya, desain prototipe fairing baru ini lebih radikal.

Ini fairing Aprilia, rongga udaranya tidak besar

Para insinyur di Bolognese coba membuat dua saluran udara yang besar. Jadi, sebenarnya ini dua sayap lama yang digabung jadi satu membentuk rongga udara, sehingga seperti bekas dudukan lampu. Pada bagian atas agak cekung agar bisa mendapatkan aerodinamis. Selain juga menekan bagian depan dibantu sayap bawah, untuk mengurangi roda depan terangkat, angkat.

Hasilnya, Dovi belum bisa mengembangkan tenaga secara maksimal. Sampai akhir sesi tes hari kedua, dirinya terpuruk di urutan ke-13 dengan selisih waktu 1.128 dari Vinales sebagai yang tercepat. Tapi, ia pun belum maksimal melakukan pengujian karena hanya menghabiskan 42 lap.

Usai tes kontan Dovi dikerubuti wartawan. “Dengan fairing baru, kesannya baik. Saya pikir, insinyur kami bekerja sangat baik karena sulit menciptakan downforce dengan aturan baru,” ujarnya. Diakuinya, efek fairing baru ada, hanya belum diputuskan akan dipakai atau tidak. “Bedanya, winglet yang lama lebih bekerja dan stabil. Ya, ada positif dan negatifnya lah,” pungkas Dovi. Rezki

BACA JUGA

Hasil Tes MotoGP Qatar 10 – 12 Maret 2017

BAGIKAN