nhk

Tes MotoGP Qatar 2017 (Pasca Hari 2 ): Vinales Janji Bikin 1:53 Malam Nanti, Uji Ketahanan M1

vinales, yamaha, qatar tes

ManiakMotor – Maverick Vinales mempertontonkan superioritas bersama Yamaha M1 pada semua tes motogp pra-musim. Dimulai dari Valencia (Spanyol) berelanjut di Sepang (Malaysia), Phillip Island (Australia) dan di Losail (Qatar) pada hari kedua (11/3-2017). Dengan mengukir waktu tercepat 1:54.455, Catalan muda 22 tahun itu bilang senang dan bocorannya masih ada lagi akang datang.

Tes hari kedua, kemarin, tenaga Yamaha M1 sangat luar biasa. Posisi tiga besar dihuni pembalap dengan menunggang M1, yakni Vinales, Rossi, dan rookie dari tim satelit Jonas Folger. Untuk Vinales sendiri berlari 1:54 di Losail sudah hal biasa. Tahun lalu dia dengan Suzuki sudah mencetak 1:54.6 saat Q2.

Tentu dengan M1 Vinales mengaku sangat senang. Dia berani berjanji masih ada lagi berikutnya. Bukan berarti takabur atau jumawa, wa, wa, pakai echo. “Menyenangkan saya  merasa cepat yang diimbangi kinerja motor. Tes ini kami melakukan langkah lain dan cukup nyaman sama motor. Tim bekerja baik,” tegas Vinales yang tahun lalu juga bisa ketiga saat Q2 dan race ke-6, ingat itu dengan motor lama.

Untuk tes terakhir (nanti malam, 12/3), ia membocorkan coba lebih banyak mengitari trek untuk mengetahui bagaimana kondisi ban. Saat ini, katanya, soal grip dirinya punya tingkat yang baik, tapi belum 100 persen puas.

Ketika tes hari kedua, Vinales membuat beberapa perbaikan. Terutama, masuk tikungan. “Kita meningkat sedikit dan itulah sebabnya kecepatan saya konstan lantaran tidak banyak melakukan manuver yang terlalu melebar di beberapa tikungan. Saya masih bisa dorong lebih cepat lagi,” akunya yang artinya untuk spekulasi mencari tercepat peluangnya masih sangat terbuka bisa lebih tajam.

Dari banyak hal yang dijajal pada M1, Vinales bilang dirinya belum membuat keputusan soal sasis mana yang akan dipakai. Tapi ia memuji kalo sasis 2017 sangat mendukung. “Tinggal sekarang meningkatkan elektronik,” tutup Vinales yang jani akan bikin waktu 1:53 di hari terakhir. Rezki

BACA JUGA

Hasil Tes MotoGP Qatar 10 – 12 Maret 2017

BAGIKAN