nhk

Tes MotoGP Qatar 2017 (Pasca Hari 3): Tiga Kali Jatuh, Marquez Senyum, Fairing Baru Kedua Belum Diputuskan

Marquez, Fairing, Qatar
Marquez sudah pakai fairing baru lagi

ManiakMotor – Cukup mengejutkan, Marc Marquez sampai terjatuh tiga kali pada tes terakhir di sirkuit Losail, Qatar (12/3). Sudah begitu, posisinya terjerembab di urutan ke-10 dan kalah cepat sama rekannya Dani Pedrosa yang bertengger di tiga besar. Pada tes ini, Marquez menjajal fairing baru yang kedua. Seperti apa modelnya?

Marquez sendiri tidak mempersoalkan jatuhnya sampai tiga kali. Lebih parah, pada jam terakhir sampai dua kali terguling. Beruntung tidak ada cedera dan ia tetap mengumbar senyum.

Ini dia dua fairing yang sudah dijajal Honda

Panteslah ia senyum-senyum. Karena, satu hari sebelumnya (sabtu), pembalap Spanyol ini mengaku tes mereka mendekati final dan optimis, kendati berada di urutan keenam. Langkah demi langkah kemajuan, sebutnya sudah dilakukan setelah awal yang sulit sama RC213V.

“Orang akan melihat kecelakaannya, tapi untuk irama, kita tidak begitu buruk,” tegasnya. Dijelaskannya, kecelakaan pertama di jam terakhir karena mencoba beberapa hal, sehingga pada motor muncul perubahan dan aneh. Sedang kecelakaan kedua, memang kesalahannya.

Terpenting, lanjut MM, selama tiga hari, semua masalah jadi diketahui. Seperti hari pertama, dirinya dan Honda mencoba sesutau dengan cara berlawanan. Ketika Anda mulai tes bukan dengan arah yang baik, tentu sulit menyesuaikan dan hasilnya tidak baik.

Kembali ke soal kecelakaan pertama yang disebut mencoba beberapa hal, di antaranya fairing baru lagi. Beda dengan model sebelumnya yang seperti sayap dikasih penyanggah. Untuk model terbaru mirip standar hanya desain Ram Air (lubang udara) lebih besar dan bagian bawahnya lebih menjorok. Nah, belum diputuskan pakai yang mana.

Dari empat kali tes pra-musim, Marquez bilang ada hal-hal kecil yang harus diselesaikan. Itu bisa dilakukan sambil balapan. Rezki

BAGIKAN