nhk

Tes MotoGP Qatar 2018 Hari Kedua Dovizioso Sulit Tebak Lawan, Petrucci Agak Kecewa

ManiakMotor – Dua pembalap Ducati pabrikan di awal tes hari kedua, awal-awalnya sangat dominan. Tapi di akhir tes pada Minggu 24 Februari 2019 di sirkuit Losail, Qatar itu, Danilo Petrucci hanya jadi ke-4. Rekan setimnya Andrea Dovizioso malah ke-8. Ada apa?

Bagi Dovizioso itu nggak masalah, santai saja. Dirinya nggak mengincar cepat-cepatan catatan waktu. Konsentrasinya pada set-up motor untuk balapan, “Lagian juga saya sempat jatuh. Di saat sama, hari kedua sangat sulit menebak posisi lawan ketika di lomba nanti. Semua terlihat kuat,” papar Dovi yang tertinggal 0,612 detik dari yang tercepat.

Dovi yang juara tahun lalu di Losail itu, memang sedang hitung-hitung lawan. Baginya itu sangat penting agar bisa mengukur set-up balapannya. Ingat ronde pertama MotoGP 2019 di Losail pada 10 Maret mendatang atau dua minggu dari sekarang. “Saat ini potensi musuh sulit ditebak. Tapi kami telah punya susunan set-up jangka. Apalagi kondisi trek Losail agak beda tahun ini dan itu jadi masukan. Intinya bekerja pada set-up. Perasaan cukup bagus. Tapi itu, sulit menilai apakah kita lebih cepat atau lebih lambat dari lawan,” tegas Dovi.

Petrucci beda lagi yang mengaku tidak sepenuhnya puas dari hasil hari kedua tes. Dia kurang suka dengan feeling ban baru. Soal kecepatan, motornya bisa diandalkan, “Saya tidak merasakan perbedaan apa pun ketika menggunakan ban lama dan baru. Di satu sisi itu positif, di sisi lain negatif. Masalahnya, saat pakai ban baru nggak ada grip ekstra seperti umumnya ban baru,” timpal Petrucci yang janji akan memperbaiki keadaan di hari terakhir tes pada 25 Februari ini.

Menurut Petrucci ada kompromi pada set-up. Dia menggambarkan, bila memilih jalan tengah seperti set-up standar, macam menggunakan selimut kependekan. Dipakai menutupi bahu,  kaki yang telanjang. Ketika menutupi kaki, pundak yang telanjang. Petrucci pada hari terakhir ini akan berusaha memanjangkan selimutnya dengan set-up yang pas. MM

BACA JUGA

Hasil Tes MotoGP Losail, Qatar, 23 – 25 Februari 2019

Tes MotoGP Qatar 2019: Alasan Rossi Hanya Ke-19 Hari Kedua, Jauh Dengan Vinales..!

Tes MotoGP Qatar 2019: GSX-RR Alex Rins Pakai Knalpot Baru, Langsung Tercepat H2

Tes MotoGP Qatar 2019 Hari Ke-2 Ditutup, Tercepat Alex Rins, Vinales Dan Quartararo

Tes MotoGP Qatar 2019: H2 Jam Ke-5, Suzuki Rins Memimpin Disusul Vinales

BAGIKAN