nhk

Tes MotoGP Qatar 2019: Alasan Rossi Hanya Ke-19 Hari Kedua, Jauh Dengan Vinales..!

ManiakMotor – Agak beda penampilan Valentino Rossi di tes hari pertama dan hari kedua di Losail, Qatar. Pada Minggu 24 Februari 2019, Rossi hanya awal-awal sesi latihan pernah masuk 10 besar. Habis itu terus melorot sampai sesi hari kedua ditutup dia ke-19. Timpang dengan rekan setimnya di Monster Yamaha MotoGP, Maverick Vinales justru rutin di depan.

Ternyata alasan Rossi, grip roda belakang sangat kurang. Padahal harusnya hari kedua, sudah banyak sisa kompon peserta tertinggal di racing line yang menambah lengketnya kompon, “Ada beberapa pengaturan yang berbeda di hari kedua. Juga beberapa materi. Tujuannya untuk meningkatkan, sayangnya tidak membaik. Sangat sulit,” papar Rossi yang hanya cetak 1:55.795 atau tertinggal 1.202 detik dari tercepat.

Pastilah set-up dasar yang diakui Rossi di hari pertama diubah banyak untuk dirasakan bedanya. Ternyata belum berhasil dibanding setelan basis yang membuat Rossi konsisten di lima besar. Kemarin atau hari kedua dia kebanyakan di barisan 15 besar.

Makanya hari ini atau (25/2) untuk sesi  terakhir testing akan menggunakan jurus berbeda yang diyakni lebih kompetitif. Rossi sih nggak cerita jurusnya, yang jelas bukan jurun jaran goyang, “Tunggu saja. Pasti saya membaik,” jamin The Doctor yang sudah punya simpanan set-up Losail yang digunakan hari pertama?

Berbeda dengan rekan setim Rossi yang justru senang. Walau Maverick Vinales bilang, grip aspal Losail hari kedua tidak seperti biasanya, toh semua pembalap merasakan hal sama. Namun begitu, Vinales mampu kedua dan malah sempat memimpin lama. Dia pun hanya terpaut 0.057 detik dari yang tercepat. Vinales aslinya mencetak 1:54.650.

“Kami membuat perbaikan yang tepat pada hari kedua. Penting merasakan motor meningkat ketika menerapkan set-up baru. Saya pikir langkahnya sudah kami lakukan dengan baik,  cukup senanglah. Masih ada yang dicoba pada hari terakhir tes dan semoga grip aspal Losail meningkat,” timpal Vinales. MM

BACA JUGA

Hasil Tes MotoGP Losail, Qatar, 23 – 25 Februari 2019

Tes MotoGP Qatar 2019: GSX-RR Alex Rins Pakai Knalpot Baru, Langsung Tercepat H2

Tes MotoGP Qatar 2019 Hari Ke-2 Ditutup, Tercepat Alex Rins, Vinales Dan Quartararo

Tes MotoGP Qatar 2019: H2 Jam Ke-5, Suzuki Rins Memimpin Disusul Vinales

Tes MotoGP Qatar 2019: H2 Jam Ke-3, Tetap Dua Ducati, Petrucci 1.54, Ditempel Dua Suzuki