nhk

Tes MotoGP Qatar 2019: Hari 1 (H1) M1 Vinales Tercepat, Gimana Milik Rossi?

ManiakMotor – Maverick Vinales (Monster Yamaha) cerita M1-nya sekarang bebas menggunakan gaya alamiahnya. Tentu saja cerita usai hari pertama tes resmi MotoGP di Losail, Qatar pada 23 Februari 2019. Riding style-nya nggak lagi meniru-niru atau menyesuaikan maunya M1, agar jadi enak.

Vinales berhasil tercepat dengan 1:55.051. Menurutnya, kecepatan hampir sama dengan tahun lalu di Qatar. Tapi sekarang dia menggunakan gaya sendiri dengan kecepatan tanpa memaksakan skill, “Gaya sendiri bisa digunakan dengan nyaman. Itulah yang paling penting. Hari pertama tes Losail ini, kami belum melakukan banyak pengujian, fokus pada hal utama. Dengan variasi set-up kami temukan grip lebih baik,” beber Vinales.

Pembalap dari Spanyol ini sebenarnya bukan kebetulan menjadi tercepat di ujung sesi.  Tapi sejak awal hari pertama di buka, dia bersaing di depan. Tercatat dia sekali memimpin dan hannya tergeser ke posisi 4 besar. Itu indikasi M1-nya memang konstan cepat. Catatan terbaiknya diperoleh pada lap 48 dari 50 lap yang ia lakukan.

Yakin, M1-nya masih bisa ditingkatkan pada hari kedua tes nanti, “Saya pikir masih banyak peluang untuk upgrade pada motor yang arahnya jelas. Bahkan untuk balapan di seri pertama di Losail ini. Tes hari pertama, bisa memainkan racing line dengan bagus dan mengajak motor lebih maksimal,” tambah Vinales sembari memperkenalkan Esteban Garcia – chief crew baru Viñales yang membawa gagasan-gagasan segar.

Vinales juga gembira dari empat sirkuit pengetesan telah berlalu, M1 2019 yang direvisi pada engine brake itu, dia anggap cocok. Pokoknya berbeda dengan tahun lalu yang katanya, dia harus menyesuaikan gaya bermotornya. Kalau sekarang, seolah motor yang menyesuaikan terhadap dirinya.

Kalau Vinales tercepat, otomatis rekan setimnya Valentino Rossi yang tidak bernafsu cepat-cepatan dalam satu lap, pasti setuju pada peningkatan M1. Tergambar dari omongannya usai hari pertama testing. Rossi ‘hanya’ ke-5 tapi sangat konsisten di posisi tersebut. Di ujung sesi, The Doctor yang sudah 40 tahun usianya ini mencetak 1:55.604 atau terpaut 0.553 detik dari Vinales. Tapi hanya selisih  0.010 detik dari Danilo Petrucci yang ke-4.

“Hari pertama tes Qatar oke. Kami membangun set-up dengan lancar. Khusus saya, memang bikin susunan set-up yang berbeda dengan lebih banyak coba setelan lomba. Itu pun saya bisa P5. Ada beberapa area pada trek di mana harus mendorong keras, untuk melarikan motor sampai limit, tetapi kesannya positif,” senyum Rossi.

Kalau dia sudah senyum, artinya jempol. Miolo

BACA JUGA

Tes MotoGP Losail 2019: Jelang Hari Kedua, Ducati Dovizioso-Petrucci Tantang Segera Balapan

Hasil Tes MotoGP Losail, Qatar, 23 – 25 Februari 2019

Tes MotoGP Losail 2019: Hari Pertama (H1) Ditutup M1 Vinales Tercepat..!’

Tes MotoGP Qatar 2019: Jam Ke-2, Dua Ducati Dengan Winglet Baru Memimpin

Tes MotoGP Qatar 2019: Jam Ke-2, Dua Ducati Dengan Winglet Baru Memimpin

BAGIKAN